Taiwan telah menghapus hampir 70% dari patung Chiang Kai-shek, simbol otoriter

Kementerian Pertahanan Nasional masih memamerkan 260 peninggalan era darurat militer

Taman Patung Chiang Kai-shek Taoyuan. 
(Foto CNA)

TAIPEI - Ketua Komisi Keadilan Transisi Yang Tsui (楊 翠) menyatakan pada Senin (26/10) bahwa pemerintah telah menghilangkan hampir 70 persen patung Chiang Kai-Shek dan simbol otoritarianisme lainnya di Taiwan.

Komisi Keadilan Transisi memberikan laporan pemindahan patung Chiang Kai-shek di Legislatif Yuan Senin pagi. Berbicara tentang kemajuan inisiatif besar-besaran ini, legislator Partai Rakyat Taiwan, Lai Hsiang-ling (賴香伶) mencatat bahwa pada bulan ini 1.542 patung mantan pemimpin otokratis dan simbol otoriter lainnya masih ada di seluruh negeri, dengan 360 telah disingkirkan, CNA melaporkan.

Dia menambahkan, masih ada peninggalan era darurat militer di Academica Sinica, Legislatif Yuan cabang Taiwan tengah, dan sejumlah sekolah.

Yang menyatakan bahwa tidak termasuk yang ada di Kementerian Pertahanan Nasional (MND) dan Dewan Urusan Veteran (VAC), pemerintah telah menghilangkan hampir 70 persen patung semacam itu. Lai mengungkapkan bahwa dia berharap patung di Legislatif Yuan dapat disingkirkan pada akhir tahun ini, dan Yang setuju.


Legislator Partai Kekuatan Baru Chiu Hsien-chih (邱顯智) menunjukkan bahwa dari enam lembaga pemerintah, termasuk Kantor Kepresidenan, Legislatif Yuan, MND, Kementerian Kebudayaan, Dewan Pembangunan Nasional, dan Museum Istana Nasional, MND memiliki yang paling otoriter. simbol menunggu penghapusan - total 260.

Sementara itu, Chiu mengatakan bahwa VAC hanya menghapus satu dari 66 peninggalan otoriter dan Kementerian Pendidikan telah mengambil lima dari 155 peninggalan masa lalu Taiwan yang menindas. (GS)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.