Taman Wisata Sumaru Endo Minahasa Sambut Traveler di Era Corona


 https: img.okezone.com content 2020 10 09 406 2290907 taman-wisata-sumaru-endo-minahasa-sambut-traveler-di-era-corona-UELfDghCJf.jpg

TAMAN Wisata Sumaru Endo sering dikunjungi wisatawan di Minahasa, Sulawesi Utara. Di era new normal, protokol kesehatan dijalankan oleh pengelola wisata setempat untuk menyambut wisatawan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berinisiatif dengan melaksanakan Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman), dengan tujuan pada saat destinasi wisata dibuka lagi sudah siap beroperasi. Gerakan Bisa di Taman Wisata Sumaru Endo diisi dengan aktivitas gotong royong, bersama sekira 200 warga setempat membersihkan lingkungan area wisata.

Dikatakan Direktur Pengendalian Kebijakan Strategis Kemenparekraf Hasan Abud, gerakan ini bertujuan untuk mempersiapkan destinasi wisata yang memenuhi prinsip sanitasi dan higienitas. Setiap destinasi wisata harus mengikuti protokol kesehatan. 

bisa

 

"Kita bantu dengan ada alat cuci tangan, wastafel, kemudian kita bantu yang rumputnya mulai tumbuh kita rapikan sama-samalah. Yang kita inginkan ini semacam triger agar supaya di daerah itu marilah kita berbenah lagi di daerah-daerah wisata itu," ujarnya, Kamis 8 Oktober 2020.

Gerakan ini, menurutnya, merupakan adaptasi kebiasaan baru, kalau semula ada pembatasan daerah-daerah wisata, kini sudah berangsur-angsur dibuka kembali.

Selain itu menjadi upaya untuk menggemakan semangat bergerak dan maju bersama membangun kembali kepercayaan wisatawan terhadap pariwisata Indonesia.

"Nanti disaat dibuka kembali tempat wisata ini sudah ada pembersihan, yang tadinya kumuh, kusam kita cat kembali, menjadi indah kembali, kemudian kita harapkan setelah itu jadi sehat, aman lingkungannya sehingga kunjungan-kunjungan wisata khususnya untuk lokal dululah maupun domestik berangsur-angsur sudah bisa dilakukan," jelasnya.