Taobao akan keluar dari Taiwan pada tahun 2020 menyusul permintaan untuk menarik dana dari China

Komisi Investasi Taiwan memutuskan pada bulan Agustus bahwa situs belanja dikontrol secara akut oleh Alibaba Group

Taobao Taiwan mengumumkan keluarnya pada 15 Oktober

TAIPEI - Taobao Taiwan, situs belanja milik China sebelumnya, akan menghentikan operasinya di Taiwan pada akhir tahun sebagai akibat dari otoritas penyaringan investasi negara yang memberlakukan larangan pada perusahaan karena hubungannya dengan Alibaba Group. .

Cabang Taiwan dari Claddagh Venture Investment Limited yang terdaftar di Inggris, yang memiliki situs web belanja, mengumumkan keputusannya untuk keluar dari pasar Taiwan melalui pernyataan pada Kamis (15 Oktober). Mulai pukul 11 ​​Kamis, situs web tersebut tidak lagi mengizinkan transaksi baru dan berhenti merekrut penjual.

Keputusan tersebut dibuat setelah Komisi Investasi Taiwan memutuskan pada bulan Agustus bahwa Claddagh Venture dikendalikan oleh Alibaba Group, perusahaan induk dari Chinese Taobao. Claddagh Venture meluncurkan Taobao Taiwan pada Oktober 2019 setelah mengumpulkan modal senilai sekitar US $ 689.000 (NT $ 20 juta).


Menurut temuan Komisi Investasi, Alibaba Group memegang 28,77 persen saham Claddagh Venture melalui perusahaan cabangnya di Singapura. Meskipun kepemilikannya atas saham perusahaan tidak melebihi 30 persen - salah satu kriteria yang digunakan otoritas Taiwan untuk menentukan perusahaan tersebut didanai oleh China - agensi tersebut memeriksa struktur Claddagh Venture dan menemukan bahwa Alibaba Group sebenarnya mengendalikan operasinya.

Claddagh Venture didenda US $ 14.132 pada saat itu karena melanggar undang-undang yang mengatur investasi China dan diminta untuk menarik pendanaan China atau merestrukturisasi perusahaan dalam waktu enam bulan. Pemerintah Taiwan dalam beberapa tahun terakhir telah memperketat mekanisme penyaringan sebagai bagian dari upayanya untuk mengekang perusahaan asing yang digunakan sebagai front untuk investasi China.

Perusahaan akan memastikan hak konsumen dan penjual dengan terus memproses pesanan yang telah dibuat, kata Claddagh Venture dalam pernyataannya, menambahkan akan mulai merumahkan karyawan dan dijamin akan memberikan paket pesangon yang baik.(GS)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.