Tips Meletakkan Wi-Fi Router yang Tepat agar Internet Tidak Lambat


JARINGAN internet nirkabel menggunakan Wi-Fi kini menjadi andalan banyak orang. Pasalnya, layanan ini memberikan kepraktisan, tidak memerlukan banyak kabel.

Cara menggunakannya memerlukan perangkat Wi-Fi router. Alat ini mengubah jaringan internet menjadi jaringan tanpa kabel atau Wi-Fi.

Namun, sejumlah orang mengatakan terkadang internet Wi-Fi sangat lambat. Beberapa karena kesalahan meletakkan Wi-Fi router.

Berikut tips meletakkan Wi-Fi router yang tepat agar jaringan internet tidak lambat, sebagaimana dinukil dari laman Laptop Mag.

1. Meletakkan di tempat tinggi

Letakkan Wi-Fi router di tempat yang tinggi. Hal ini untuk menghindari dari terhalang oleh banyak barang. Semakin tinggi router itu diletakkan, maka alat tersebut akan semakin tidak terhalang.

2. Meletakkan router di tengah ruangan

Banyak orang meletakkan Wi-Fi router di sudut rumah atau dekat setopkontak. Penempatan tersebut tidak efektif karena semua benda yang ada di sekeliling Wi-Fi router akan menyerap, menghalangi, dan memperlemah sinyal. Wi-Fi router bagusnya diletakkan di tengah ruangan. Dengan begitu, hampir setiap sudut dari bangunan akan terjangkau jaringannya.

3. Atur posisi antena

Jika Wi-Fi router yang digunakan mempunyai antena, sebaiknya harus mengatur posisinya agar jaringan internet tidak lambat. Antena berfungsi memperbesar tangkapan jaringan. Bisa mengarahkan Wi-Fi router ke atas jika hanya memiliki satu antena. Sedangkan jika memiliki lebih dari satu antena, pastikan tidak mengarahkannya di posisi yang sama.

4. Jangan letakkan dekat microwave

Jangan meletakkan Wi-Fi router di dekat microwave, sebab alat rumah tangga itu juga menggunakan sinyal elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Sinyal yang dipancarkan microwave dapat menganggu sinyal Wi-Fi router.

Kemudian sebaiknya tidak meletakkan Wi-Fi router di atas alat elektronik bermaterial logam, seperti rak logam, meja baja, kulkas, TV, dan sebagainya. Material logam akan menyerap dan memantulkan sinyal sehingga menciptakan zona tersebut terhalang untuk mengakses internet.



Sumber : okezone.com 

No comments

Powered by Blogger.