Tips Menjaga Sensor Fingerprint Smartphone Supaya Lebih Awet


FINGERPRINT atau sensor sidik jari kini menjadi fitur yang sangat penting di perangkat smartphone. Fingerprint akan membuat ponsel pintar lebih aman dari segala bentuk gangguan. Pasalnya, kunci fingerprint hanya bisa dibuka oleh si pemilik gawai tersebut.

Fingerprint saat ini tidak hanya terletak di belakang ponsel, namun ada juga di samping dan dalam layar. Oleh karena itu, keberadaan fingerprint harus dijaga sedemikian rupa. Alasannya, supaya tidak mudah rusak dan mengganggu fitur lain.

Lalu bagaimana menjaga fingerprint smartphone agar selalu awet? Berikut ini tipsnya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Hindari dari air

Saat menggunakan fingerprint, pastikan jari Anda tidak basah. Pastikan hal ini tiap kali mengoperasikan fingerprint. Seperti diketahui bahwa barang elektronik sangat rentan rusak jika terkena air. Terlebih lagi saat kondisi hujan disarankan untuk tidak menggunakan ponsel karena akan mengenai fingerprint. Ini mampu membuat fingerprint kehilangan fungsi atau korslet.

2. Daftarkan satu jari saja

Sebagaimana diketahui fingerprint ponsel mampu mendukung beberapa jari sebagai akses masuk. Meski demikian, hal tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan. Alasannya, setiap sidik jari yang Anda daftarkan akan disimpan di memori ponsel. Ini akan membuat ponsel menampung data yang tidak penting.

3. Jangan Iseng

Selain mendaftarkan dengan jari, fingerprint juga memungkinkan Anda memindai bagian badan lain yang dilapisi kulit, misalnya telinga, hidung, dan bibir. Tetapi tidak dianjurkan melakukan hal tersebut, pasalnya fingerprint bisa terjadi malfungsi.



4. jauhkan dari benda tajam

Jauhkan fingerprint dari benda-benda tajam. Jangan sampai menggoreskan benda tajam ke fingerprint. Sebab, bisa membuat fingerprint scanner tidak berfungsi dan sulit mengenali jari Anda.


Sumber :

No comments

Powered by Blogger.