TKI Asal Jember Tewas Jatuh dari Gedung di Malaysia, Arwahnya Tidak Dipulangkan




     Seorang TKI di Malaysia asal Jember, Jawa Timur, tewas usai terjatuh dari lantai dua sebuah bangunan saat sedang bekerja, baru-baru ini.




TKI tersebut diketahui bersama Syamsul Adi Firmansyah, kelahiran 14 Oktober 1996 (24 tahun). Dia berasal dari Jember, tepatnya tinggal di Jalan Arowana V/123 Kebon Agung, RT 03/RW 01, Kaliwates.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, pria malang itu diketahui tak memiliki dokumen izin bekerja di Malaysia alias TKI ilegal. Ia tewas usai dirawat selama tiga hari di Rumah Sakit Serdang Selangor.Mirisnya, pihak keluarga tidak mampu mengurus biaya kepulangan jenazah TKI tersebut sehingga jenazahnya dikebumikan di perkuburan Sungai Pusu UIA Selangor, Malaysia, pada Sabtu (17/10/2020).

"Sebagai memenuhi fardu kifayah dan kebajikan pihak Khidmat Imigren dan Persatuan Kebajikan Persaudaraan Nusantara telah menguruskan segala hal yang berkaitan dengan arwah sehingga perkebumian pada hari ini 17/10 Sabtu selepas asar," ujar seorang sumber.
Menurut sumber tersebut, Syamsul dikuburkan di Malaysia setelah mendapat izin dari pihak keluarga dan Kedutaan Indonesia.

"Ada yg bertanya kenapa arwah (jenazah) tidak pulangkan.. Antara paktor..kewangan juga surat dari kampung dan keluarga waris di Indonesia," kata sumber tersebut.
Sumber dari Malaysia itu juga menjelaskan bahwa kematian TKI itu juga melibatkan tim forensik untuk menyelidiki penyebab kematiannya.

"Di sini pula Melibatkan pihak forensik, polis M'sia, pendaftar kematian, kedutaan Indonesia..semua itu diambil kira..dan siasatan polis sebab kemalangan di tempat kerja..kalau hendak di jelaskan panjang..lebih baik pada yg bertanya mohon rujuk ke KBRI...itu lebih adil dan jelas.. Untuk pengetahuan semua WNI, ini lah alamat asal arwah...di JEMBER di Indonesia.." katanya.

Sumber :indozone

No comments

Powered by Blogger.