Trenggiling masih hilang dari Kebun Binatang Taipei setelah pelarian larut malam

Rekaman keamanan menunjukkan trenggiling berusia 3 tahun berenang bersama bayinya pada bulan September

Trenggiling berkerah biasanya pemalu dan tidak berbahaya bagi manusia 
(foto Kebun Binatang Taipei)

TAIPEI - Kebun Binatang Taipei mengatakan Kamis (15 Oktober) bahwa trenggiling berkerah berusia tiga tahun yang melarikan diri dari kawasan hutan hujan tropis bulan lalu belum ditemukan.

Menurut juru bicara Kebun Binatang Taipei Eric Tsao (曹先绍), trenggiling, "Xiaohong" (小红, Little Red), telah menjadi favorit pengunjung sejak ia tiba dari Kebun Binatang Singapura pada Agustus 2018. Namun, pada 1 September, ia telah ditemukan hilang dari kandangnya bersama dengan bayinya yang berusia enam bulan.

Setelah memeriksa rekaman pengawasan, penjaga kebun binatang menemukan bahwa Xiaohong telah memanjat pagar listrik yang mengelilingi kawasan hutan hujan tropis dan melarikan diri melalui gorong-gorong pada pukul 2 pagi. Meskipun kemudian karyawan kebun binatang dapat menemukan bayi trenggiling tersebut, ibunya tetap buron.

Direktur zona hutan hujan, Weng Shao-Yi (翁绍益), menyatakan keprihatinan atas keselamatan Xiaohong, mengatakan bahwa pemakan semut berkerah biasanya pemalu dan tidak memiliki kesempatan melawan predator alami mereka, seperti jaguar, musang, dan bahkan anjing liar. Dia berkata mereka cenderung mengulurkan tangan ketika mereka merasa terancam agar terlihat lebih besar tetapi kemampuan mereka dalam bertahan sangat sedikit, lapor UDN.


Kebun Binatang Taipei meminta masyarakat untuk mengawasi Xiaohong, yang panjangnya sekitar 65 sentimeter dan memiliki bulu berwarna krem. Ditekankan bahwa trenggiling yang hilang tidak dapat melukai manusia dan siapa pun yang melihatnya harus segera hubungi kebun binatang.

Sementara itu, Kebun Binatang Taipei telah memperkuat keamanan di sekitar kawasan hutan hujan tropis dan menghilangkan kayu apung dari penyeberangan air sehingga tidak dapat digunakan untuk melarikan diri. Kebun binatang tersebut juga mempertimbangkan untuk memperbaiki ruang luar ruangan bagi trenggiling berkerah, lapor CNA. (GS)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.