Valentino Rossi: MotoGP Era Modern Lebih Indah


TAVULLIA – Perdebatan mengenai era terbaik ajang balap motor MotoGP terus bergulir. Ada yang berpendapat era 1980-an menghasilkan motor-motor terbaik, atau bahkan era dua tak. Sebagai seseorang yang sudah melalui 20 tahun lebih di dunia balap, Valentino Rossi punya pendapatnya sendiri.

Seperti diketahui, MotoGP memasuki era baru semenjak 2016 ketika perangkat kontrol elektronik (ECU) diseragamkan. Kendati sejak itu Marc Marquez mendominasi gelar juara dunia, setiap balapan menghasilkan keseruan tersendiri.

Hal itu memunculkan anggapan bahwa MotoGP era modern lebih bagus dibandingkan lawas. Namun, ada pula yang beranggapan para pembalap di era sekarang ini terbantu teknologi. Karena itu, dekade 1980-an dan 1990 ketika menggunakan mesin dua tak disebut lebih baik.

Tidak ada orang yang lebih pantas untuk berbicara soal perbandingan itu ketimbang Valentino Rossi. Sebagai seorang yang tumbuh besar di era 1990-an hingga masa kini, The Doctor tentu memiliki pendapatnya sendiri.

“Ada beberapa orang yang senang bernostalgia dengan masa lalu, yang berpikir bahwa balapan di masa lalu lebih baik dengan mesin dua tak,” ujar Valentino Rossi, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Senin (5/10/2020).

“Menurut pendapat saya, sekarang adalah era paling indah dari MotoGP. Motor-motor yang kami pakai adalah yang terbaik sepanjang masa, jika dilihat dari aspek mudah dikendarai,” imbuh pria berusia 40 tahun tersebut.

Selain motor yang lebih ramah dikendarai, ada satu keunggulan lain, yakni tingkat keseruan. Seperti diketahui, Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 sudah menghasilkan lima pemenang berbeda dari delapan seri yang sudah digelar.

Pemenang balapan kini sulit diprediksi. Bahkan, pabrikan seperti KTM saja sudah bisa dua kali juara. Menurut Valentino Rossi, ada dua hal yang bisa dianggap sebagai penyebab mengapa sekarang ini persaingan begitu ketat.

“Anda harus memahami mengapa sekarang kami begitu berdekatan. Entah apakah itu pengaruh teknis di motor seperti ECU yang seragam dan ban yang sama atau tidak. Di masa lalu, para pembalap pabrikan memiliki perbedaan yang mencolok,” lanjut Valentino Rossi.

“Atau mungkin ini karena profesionalsime dan persiapan yang lebih baik dari para pembalap. Sebab, menurut saya, semua hal ini begitu berbeda dengan, katakan lah, 15 tahun lalu,” tutup juara dunia MotoGP tujuh kali itu.





Sumber : 

No comments

Powered by Blogger.