5 Desa Wisata Terbaik di Indonesia Peraih Penghargaan Nasional hingga International


APAKAH Okezoners sedang mencari sesuatu yang berbeda saat berlibur? Cobalah untuk mengunjungi beberapa desa tradisional di Indonesia yang menawarkan kondisi alam yang indah nan asri serta suasana yang tentram.

Pemerintah telah menetapkan banyak desa wisata di berbagai daerah yang siap memberikan sensasi unik bagi wisatawan. Merasakan pengalaman berbaur dengan penduduk setempat, mengalami kehidupan tradisional yang asik dan seru serta menikmati pemandangan alami.

Beberapa desa wisata ini sudah mendapatkan pengakuan bahkan penghargaan, dari level nasional hingga international.

Dilansir Okezone dari Indonesia Travel, Jumat (13/11/2020), berikut lima desa wisata terbaik di nusantara yang pernah mendapat penghargaan alias award :


Desa Pemuteran Bali

Desa Pemuteran di dekat Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Menjangan, tepatnya di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. setelah 12 tahun mengalami perubahan iklim yang berdampak pada kerusakan ekosistem terumbu karang, perikanan dan industri ekowisata lokal, warga Desa Pemuteran bangkit dengan mengukuhkan Pemuteran sebagai desa wisata.

Pada 2018, Lonely Planet memasukkan Desa Pemuteran dalam daftar "10 Destinasi Wisata Terbaik Asia" yang direkomendasikan.

Pantai Desa Pemuteran, Bali

Berbeda dari kebanyakan desa wisata lainya, Pemuteran juga berfungsi sebagai destinasi diving dan snorkeling. Di sini, Anda bisa menemukan sejumlah besar kawanan ikan badut, ikan kakatua, pari manta, dan hiu paus melewati perairan tersebut.


Desa Penglipuran Bali

Desa Penglipuran merupakan desa wisata yang mengusung konsep dan dibangun dengan metode arsitektur tradisional bambu dari Bali. Di sini hampir semua bangunan yang ada terbuat dari tanaman dan bambu, mulai dari dapur, gerbang, pintu masuk, hingga atap.

Identitas dan gaya arsitektur bangunan di Desa Penglipuran adalah sirap atap bambu yang khas untuk komunitas di sini dan tidak dapat dijumpai di tempat lain. Desa ini terletak di dekat Kintamani, di antara perbukitan, tepatnya di Kabupaten Bangli, Bali. Desa wisata ini menyuguhkan banyak sajian budaya dan adat setempat ke wisatawan.

Pada 2018, CN Travel memasukkan Penglipuran dalam tiga besar desa terbersih di dunia berdasarkan pilihan pembaca majalah asal Moscow, Rusia tersebut.


Desa Nglanggeran Yogyakarta

Desa ini terletak di Nglanggeran Wetan, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Beragam pesona dan panorama alam yang indah menjadi sajian utama di desa wisata Nglanggeran ini. lebih dari itu, keistimewaan lain yang berkesan bagi para wisatawan adalah keramahan penduduk setempat.

Di desa ini anda akan menemukan Gunung Api Purba Nglanggeran dan saat tiba di puncaknya suasana udara segar serta melihat panorama kota yogyakarta yang memukau dari atas menjadi pengalaman berharga yang tak terlupakan.

Selain itu, anda juga dapat menjelajahi Kolam Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang, dan berbagai aktivitas budaya seperti karawitan, jatilan, batik topeng, dan lainnya di desa Nglanggeran ini.

Desa Nglanggeran telah mendapatkan penghargaan dari ASEAN Community Based Tourism (CBT) Awards pada Januari 2017 dan menjadi salah satu destinasi desa wisata terbaik di Asia Tenggara.


Desa Pengtingsari Yogyakarta

Desa Pentingsari merupakan salah satu pelopor desa wisata di Yogyakarta. Terletak 700 metera di atas permukaan laut (mdpl) dan dekat Gunung Merapi, desa ini berada di Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Terbaru, Desa Pentingsari dianugerahi dan mendapat apresiasi oleh Bupati Sleman atas sistem ekonomi kerakyatannya. Sejak 2008, Pentingsari menjadi bagian dari proyek desa wisata di Yogyakarta.

Desa Pentingsari membawa pemahaman yang lebih dalam tentang alam, budaya tradisional, seni, dan kearifan lokal bagi para pengunjung yang datang serta menawarkan wisata alam dan budaya sebagai daya tarik utamanya.

Beragam objek wisata yang ada di kawasan desa ini antara lain Batu Luweng, Watu Gendong, Watu Payung, Pancuran Sendangsari dan lainnya.


Desa Tamansari Banyuwangi

Desa Wisata Tamansari terletak di kaki Gunung Ijen dan masuk dalam Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Desa ini meraih predikat “pemanfaatan desa wisata terbaik dari BUMN untuk kategori jejaring bisnis dalam pengembangan potensi desa wisata.

Wisatawan yang akan mendaki atau sepulang dari kawah Gunung Ijen bisa mampir sejenak di Desa Tamansari sembari menikmati keindahan alam yang indah nan asri. berbagai kegiatan lainnya seperti mencicipi kuliner Suku Osing, merasakan keramahan warga lokal dan belanja oleh-oleh khas Banyuwangi juga bisa dijumpai di desa wisata ini.

Selain itu, Desa Tamansari juga dikenal sebagai desa komoditas penghasil karet, cengkeh, biji kopi dan coklat terbaik dan berkualitas. Desa ini juga mendapat julukan dan dikenal sebagai kampung susu karena banyaknya peternakan sapi perah di daerah tersebut.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.