5 pesawat mata-mata AS terbang ke selatan Taiwan menjelang kunjungan laksamana

7 pesawat militer AS terlihat terbang di sepanjang tepi selatan ADIZ Taiwan


(Twitter, gambar Inisiatif Probing SCS)

TAIPEI - Sebelum kedatangan laksamana Angkatan Laut AS (USN) tanpa pemberitahuan pada hari Minggu (22 November), tujuh pesawat militer AS terlihat terbang tepat di selatan Taiwan.

Pada Minggu malam, C-37A Gulfstream V terlihat mendarat di Bandara Songshan Taiwan, dilaporkan membawa Laksamana Muda Michael Studeman, yang mengawasi intelijen militer regional untuk Komando Indo-Pasifik militer AS. Sebelum kedatangannya, lima pesawat pengintai dan dua tanker terdeteksi oleh pengadu pesawat yang terbang di selatan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Prakarsa Penyelidikan Laut China Selatan (SCS) yang berbasis di Beijing pada pukul 10:59 malam pada hari Minggu memposting tweet yang mengklaim bahwa sebelum kedatangan Studeman, lima pesawat pengintai AS termasuk satu Boeing RC-135 Angkatan Udara AS (USAF), dua Boeing P USN -8 Poseidons, satu Northrup Grumman MQ-4C Triton, dan satu Bombardier Challenger 604, bersama dengan dua kapal tanker udara terbang tepat ke selatan Taiwan.

Di peta, jalur penerbangan pesawat dapat dilihat berada di ujung paling utara Laut Cina Selatan dan batas selatan ADIZ Taiwan.

Pada hari Senin (23 November) pagi, pengintai pesawat CANUK78 melaporkan keberadaan pesawat pengintai sinyal Lockheed EP-3 dan Boeing KC-135R Stratotanker tepat di selatan Taiwan. Kementerian Pertahanan Nasional (MND) dan Pentagon menolak mengomentari kunjungan Studeman, sementara Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) telah mengakui kehadiran seorang pejabat AS di Taiwan, tetapi tidak memberikan rincian apapun, hanya menyatakan rencana perjalanan akan tidak dipublikasikan. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.