6 Jenis Sayuran untuk Menjaga Kesehatan Jantung


Mungkin kamu sudah tahu bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, tetap saja sering kali sulit untuk mengubah kebiasaan makan. Entah itu memilih mengonsumsi makanan sehat atau mengatur pola makan yang baik. 

Perlu diketahui bahwa menambah sayuran hijau ke dalam makanan kamu dapat menyehatkan jantung. Makan sayuran berdaun hijau dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sayuran hijau padat energi ini dikemas dengan berbagai nutrisi yang bekerja untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti kolesterol, tekanan darah, dan peradangan. Lantas, sayuran apa saja yang baik untuk jantung?

Pilihan Sayur yang Baik untuk Kesehatan Jantung
Banyak makanan yang dapat membantu menjaga jantung tetap prima. Beberapa sayuran baik untuk membantu tekanan darah dan menjaga kadar kolesterol. Jadi, jangan lupa untuk membeli sayuran ini saat berbelanja:

Sayur Kale
Sayur ini mengandung nutrisi penting untuk kesehatan jantung, terutama nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah. Setelah kamu makan sayur kale, nitrat dari tanaman ini berubah menjadi oksida nitrat, yang melebarkan pembuluh darah dan membuka arteri. Hasilnya lebih banyak darah yang kaya oksigen bergerak melalui pembuluh menuju otot jantung, tekanan darah menurun, dan jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa. 

Bayam
Perlu kamu ketahui bahwa satu porsi bayam mengandung kalium lebih banyak daripada pisang. Nutrisi dari bayam dapat membantu meningkatkan tekanan darah bagi yang memiliki tekanan darah rendah. Kalium membantu meredakan stres pada dinding pembuluh darah dan membantu tubuh membuang kelebihan natrium, dimana jika kadarnya tinggi menyebabkan retensi cairan.

Brokoli
Sayur brokoli mengandung vitamin C dan vitamin E, yang memiliki efek antioksidan. Saat dikonsumsi dalam bentuk nabati, makanan yang mengandung antioksidan ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan melawan radikal bebas yang merusak sel. 

Kubis Brussel
Sayur ini mengandung folat yang merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan sel yang sehat. Nutrisi ini berperan aktif dalam kesehatan jantung dengan menurunkan homosistein. Ketika kadar asam amino terlalu tinggi, maka dapat merusak lapisan pembuluh darah dan meningkatkan pembekuan darah. Jika itu terjadi, maka risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya meningkat. 

Pakcoy
Pakcoy atau bok choy adalah salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan bahkan memiliki sifat anti kanker. Sayur pakcoy mengandung folat, banyak vitamin dan kalsium yang baik untuk kesehatan jantung. 

Buncis
Sayur panjang berwarna hijau ini mengandung serat dan folat, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Terlebih lagi, buncis mengandung nutrisi vitamin A, B, dan C serta senyawa yang disebut lutein. Vitamin A yang terkandung dalam buncis membantu melawan peradangan dan mencegah hipertensi berkat sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Menyajikan sayuran dalam menu makanan lebih mudah dibanding makanan lainnya. Kamu cukup mencuci sayuran, memotongnya, dan simpan di kulkas untuk menyimpannya. Selalu sediakan sayuran di dapur supaya kamu ingat untuk memakannya. Pilihan resep menu sayuran sebagai bahan utama, seperti tumis sayur yang dicampurkan ke dalam salad. 

Memasukkan makanan yang menyehatkan jantung adalah sebagian dari diet bergizi dan seimbang. Dengan begitu, kamu telah menjaga kesehatan jantung dan meminimalkan risiko penyakit jantung. (GS)

Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.