Angkatan Laut Taiwan menonaktifkan kapal berusia 77 tahun

Kapal tunda Dahan melakukan banyak misi pencarian dan penyelamatan selama layanannya di Angkatan Laut Taiwan

Angkatan Laut Taiwan mengucapkan selamat tinggal pada Dahan. 
(Foto Kantor Berita Militer)

TAIPEI - Angkatan Laut Taiwan mengadakan upacara penonaktifan pada hari Minggu (1 November) untuk Dahan (大漢), kapal tunda yang telah melakukan banyak misi pencarian dan penyelamatan.

Upacara dekomisioning diadakan di pangkalan angkatan laut Hsin Pin pada Minggu pagi (31 Oktober) dan diawasi oleh Wakil Laksamana Kao Chia-pin (高 嘉 濱). Dalam pidatonya, Kao mengucapkan terima kasih kepada para pelaut yang pernah bertugas di kapal tersebut, demikian lapor Kantor Berita Militer .

Kao juga menunjukkan bahwa Dahan, yang berpartisipasi dalam PD II, Perang Korea, dan Perang Vietnam, terlibat dalam penyelamatan banyak pelaut, termasuk dari kapal dagang Panama dan kapal barang Yunani.

Dalam anggukan pada pidato terkenal Jenderal Amerika Douglas MacArthur, mantan Laksamana Muda Kan Ke-chiang (甘克強) berkata, "Tentara tua tidak pernah mati, mereka menghilang begitu saja." Kan, yang merupakan kapten kapal penarik pertama, menyatakan keengganannya untuk melihat kapal tersebut pensiun, tetapi tercermin pada layanannya selama beberapa dekade sejak 1940-an.


Kao menyatakan bahwa dia mengharapkan para pelaut untuk berkomitmen pada "tradisi baik" Angkatan Laut, menjunjung tinggi semangat juang, dan memikul tanggung jawab untuk menjaga keamanan di Selat Taiwan.

Personel Angkatan Laut mengucapkan selamat tinggal terakhir mereka kepada kapal tua itu saat mereka mengecat nomor lambungnya, menurut Youth Daily News .

Dahan, sebelumnya dikenal sebagai USS Tawakoni, dibangun oleh Alameda United Machinery Company di California. Ini diluncurkan pada 28 Oktober 1943, dan memasuki dinas militer pada 15 September tahun berikutnya. Pada tanggal 1 Juni 1967, Tawakoni dipensiunkan dari Angkatan Laut AS dan dijual ke Taiwan. (GS)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.