Berburu Kerajinan Khas Yogyakarta


Berbagai daerah #DiIndonesiaAja memiliki beragam kerajinan khas masing-masing. Salah satu daerah yang cukup populer dengan kerajinan atau suvenirnya yakni Yogyakarta. Ada banyak alasan yang membuat Yogyakarta wajib masuk ke dalam daftar tujuan liburan kamu. Tak hanya dimanjakan dengan keajaiban panorama dan peninggalan budaya yang terawat secara turun-temurun, kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner dan menikmati ragam pertunjukkan seni yang sayang untuk dilewatkan.

Setelah puas berkeliling dan menikmati berbagai pengalaman menarik selama liburan di Yogyakarta, kamu mungkin ingin membawakan buah tangan pada keluarga atau sahabat di rumah sebagai oleh-oleh. Tak hanya makanan, kamu bisa membawa oleh-oleh berupa kerajinan tangan khas Yogyakarta yang menarik untuk diberikan pada orang terkasih.

Terdapat beberapa lokasi pusat perbelanjaan yang unik, menarik, serta terjangkau. Keunikannya karena memang Yogyakarta terkenal dengan banyaknya pengrajin suvenir yang tersebar di beberapa tempat di Yogyakarta. Perlu diingat saat berburu suvenir di beberapa tempat di Yogyakarta tetap patuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Berikut rekomendasi tempat belanja barang kerajinan tangan di Yogyakarta yang menarik untuk kamu kunjungi :

1. Malioboro

Berkunjung ke Yogyakarta sangat kurang sekali rasanya jika tidak mampir ke Malioboro. Malioboro merupakan salah satu kawasan yang menjadi tujuan para wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Ketika berkunjung ke Malioboro rasanya tidak lengkap jika tidak membeli suvenir . Terdapat beberapa jenis suvenir khas Malioboro yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Batik tidak bisa dilepaskan sebagai salah satu benda khas kota Jogja ini sendiri. Batik selalu masuk dalam daftar barang yang harus dibeli ketika wisatawan datang ke Jogja.

Batik bukan hanya bertumpu pada pakaiannya saja, lebih dari itu, batik lebih memiliki nilai sebagai hasil kreativitas warga Yogyakarta yang membuat batik. Batik ternyata juga diaplikasikan dalam beragam jenis suvenir khas Jogja. Tas batik, topi batik, syal batik, hingga sandal batik. Kamu bisa berburu batik di kawasan Jalan Malioboro.

2. Kotagede

Kerajinan perak merupakan salah satu kerajinan khas Jogja yang bisa kamu temukan di berbagai sudut Malioboro. Namun, jika kamu ingin mendapatkan berbelanja tersendiri, silakan kamu langsung datang ke pusatnya. Jika pergi bersama travel agent, kamu bisa konsultasikan ke mereka saat ambil paket wisata Yogyakarta.

Kamu bisa datang juga ke Kotagede. Kotagede ini hanya berjarak 5 km dari pusat Kota Yogyakarta. Kotagede merupakan salah satu sentra pengrajin kerajinan perak yang ada di Yogyakarta sejak zaman kerajaan Mataram. Untuk itu, jika kamu memiliki waktu lebih, maka kamu bisa langsung datang ke sentra pengrajin perak.


3. Desa Wisata Kasongan

Kasongan adalah salah satu wilayah pusat kerajinan di Yogyakarta yang kini namanya telah dikenal hingga ke berbagai negara di Eropa dan Amerika karena hasil kerajinannya yang berkualitas dan banyak diminati. Terletak di sebuah desa yang bernama Bangunjiwo, Bantul, kini daerah ini telah memiliki setidaknya 300 pengrajin dan menyerap ribuan pekerja. Di sini, kamu bisa membeli barang-barang kerajinan tangan yang dibuat menggunakan keramik dan tembikar. Jenis kerajinan yang bisa kamu pilih di antaranya adalah vas bunga, piring tanah liat, hiasan taman, patung hewan, hingga tempat lilin. Bukan hanya dimanjakan dengan ragam kerajinan tangan yang unik, kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatannya.

4. Pasar Seni Gabusan

Masih berlokasi di Bantul, kamu bisa menempuh perjalanan ke arah selatan Yogyakarta di jalan menuju pantai Parangtritis untuk bisa sampai ke lokasi Pasar Seni Gabusan. Tak hanya memiliki gerbang besar nan megah, Pasar Seni Gabusan memiliki wilayah yang cukup luas yang kini hampir bisa menampung lebih dari 400 pengrajin. Di pasar ini, kamu bisa berburu berbagai macam barang kerajinan tangan yang menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan sepulang berlibur dari Yogyakarta. Kerajinan tangan tersebut di antaranya adalah kerajinan kulit, kayu, logam, perak, bambu, dan lukisan.


Itulah beberapa tempat yang bisa kamu datangi saat berwisata #DiIndonesiaAja, terutama di Yogyakarta. Tetap patuhi protokol kesehatan saat berburu suvenir di Yogyakarta, seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.