Cara Ampuh Cegah Kaki Kering dan Tumit Pecah-Pecah di Cuaca Dingin

Ilustrasi kaki. (Foto: Pexels/Pixabay)


KETIKA cuaca panas, kaki tampak bersih tanpa noda dan dirawat dengan baik. Namun saat memasuki bulan-bulan musim hujan yang menimbulkan cuaca dingin, kondisi kaki bisa berubah.

Kadang tidak disadari bahwa hawa dingin membuat kaki menjadi kering. Ini bisa mengakibatkan tumit pecah-pecah, bahkan berdarah, jika tidak dirawat dengan baik.

Guna mengatasi masalah tersebut, berikut tips menjaga kaki agar tetap lembut, kenyal, dan lembap selama cuaca dingin, sebagaimana dikutip dari Times of India.


1. Rendam kaki

Rendam kaki di dalam air hangat dengan garam, lemon, selama 10 menit. Lakukan dua kali dalam seminggu. Setelah berendam, gosok kulit kering dengan lembut.

2. Pakai krim

Saat crubbing kaki segera gunakan foot cream untuk membuat lebih lembut. Jika memiliki kulit yang sangat kering, carilah krim khusus untuk kaki, yang lebih tebal dari krim wajah biasa. Lalu untuk hasil terbaik, gunakan krim kaki setiap malam sebelum tidur.

3. Lakukan pijatan

Pijatan sangat bagus tidak hanya untuk telapak kaki yang kering dan pecah-pecah, tetapi juga untuk menghilangkan semua kelelahan dari kaki, membuat kaki rileks. Pijat dengan minyak kelapa, ghee, minyak almond, atau minyak wijen akan melancarkan sirkulasi di kaki dan membantu menahan kelembapan.


4. Gunakan minyak

Jika masih melihat tumit kering, gunakan petroleum jelly atau minyak yang dapat memberikan keajaiban pada tumit pecah-pecah. Pijat di kaki yang bersih dan kenakan kaus kaki selama waktu tidur. Ini akan membantu mengunci kelembapan.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.