Diungkap Ma'ruf Amin, Begini Prosedur Vaksinasi Covid-19




     Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau simulasi vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Cikarang, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf menyebutkan prosedur saat vaksinasi dilakukan nanti.



“Jadi tadi saya sudah dapat penjelasan. Pertama mereka mendaftar melalui online. Kemudian, mereka dipanggil melalui online. Diperiksa dulu kesehatannya, baik apa tidak, bisa divaksinasi apa tidak,” katanya saat meninjau simulasi vaksinasi di Puskesmas Cikarang, Kamis (19/11/2020).


“Nah, kalau sudah bisa diberikan petunjuk. Kemudian langsung divaksin. Sesudah itu, kalau ada dampak itu, kemudian juga diperiksa. Kemudian, kalau ada hal-hal yang, sudah disiapkan semua dengan sangat baik sekali. Jadi simulasi vaksinasi sudah cukup baik,” lanjutnya.

Ma'ruf menambahkan, bahwa vaksinasi akan dilakukan secara bertahap. Terkait tahapan ini nantinya akan diatur oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Mulai dari jumlah yang akan divaksin hingga waktu pelaksanaannya.

“Berapa yang menjadi tanggung jawab pemerintah yang dibagikan secara gratis dan berapa yang mandiri. Ini ada angka-angkanya. Kira-kira berapa lama itu bisa terselesaikan dan bagaimana vaksinnya itu disiapkan untuk selama jumlah yang disiapkan itu,” tuturnya.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada kesempatan itu mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan semua pelaksanaan vaksinasi. Termasuk melakukan simulasi. Menurutnya, simulasi harus dilakukan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan

“Kita harus lakukan simulasi. Baik simulasi pada alur apa yang mau kita kerjakan. Sehingga kita tau kekurangannya apa saja. Karena itulah pada siang ini, simulasi kita lakukan di berbagai tempat, salah satunya di Puskesmas Bekasi ini. Dan bapak wapres melihat, memantau jalannya simulasi. Mudah-mudahan ini semua bisa menjadi cara kita supaya pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan lancar,” pungkasnya.

Sumber :okezone

No comments

Powered by Blogger.