Dukungan bipartisan di AS untuk penjualan senjata ke Taiwan: Menteri Ekonomi Wang Mei-hua


AS akan terus mendukung pusat pemeliharaan F-16 di Taiwan: 
Menteri Ekonomi  (foto AP)


TAIPEI  - Kemenangan pemilihan oleh kandidat Demokrat Joe Biden tidak akan membawa perubahan dalam rencana pusat pemeliharaan dan perbaikan F-16 pertama di Asia Pasifik, kata menteri ekonomi Taiwan, Kamis (5 November).

Fasilitas tersebut secara resmi dibuka Agustus lalu di Taichung, tetapi Perusahaan Pengembangan Industri Dirgantara milik negara (AIDC, Hanxiang) dan produsen F-16 Lockheed Martin masih dalam proses membentuk tim untuk melakukan pekerjaan itu, menurut Liberty Times. .


Menteri Ekonomi Wang Mei-hua (王 美 花) menolak rumor bahwa Administrasi Biden mungkin berubah pikiran tentang proyek tersebut. Pusat tersebut telah memenangkan dukungan penuh dari Amerika Serikat sementara kebijakan penjualan senjata ke Taiwan didasarkan pada konsensus bipartisan, Wang Kerjasama Taiwan-AS di bidang aeronautika tampaknya akan terus berlanjut sebagai bagian dari kemitraan strategis antara kedua negara.

Taiwan berharap pusat tersebut dapat menarik bisnis dari negara-negara Asia lainnya yang mengoperasikan jet F-16, sementara memperbaikinya di pulau itu akan menghemat waktu dan uang, karena jika tidak, pesawat harus dikirim ke AS. Angkatan Udara Taiwan memiliki 142 F -16 jet tempur sedang dalam proses peningkatan, sementara itu juga telah membeli 66 jet F-16V "Viper" yang lebih canggih. (GS)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.