Gelar Juaranya Diremehkan karena Tak Ada Marquez, Mir Beri Jawaban Tegas

Joan Mir (Foto: Reuters)

VALENCIA – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, memberi jawaban tegas terhadap pandangan publik yang menganggap remeh gelar juara dunia MotoGP miliknya. Ia menilai gelar juaranya tetaplah bergengsi meski Marc Marquez absen pada MotoGP musim ini.

Pada musim ini, suasana balapan memang berbeda setelah adanya pandemi Covid-19. Namun, keadaan semakin terasa aneh ketika sang juara bertahan Marquez mengalami kecelakaan di seri perdana. Pembalap Tim Repsol Honda itu terpaksa absen hingga akhir musim MotoGP 2020 karena cedera parah.


Situasi tersebut banyak pihak menilai gelaran MotoGP terasa kurang sempurna. Bahkan gelar juara yang diraih Mir pun dianggap kurang pantas karena persaingan di MotoGP tidak terlalu sengit dengan absennya Marquez.

Akhirnya Mir pun dengan tegas menjawab bahwa keberhasilannya menjadi juara berkat usaha dan kerja kerasnya. Bahkan ketika Marquez pada musim ini, itu semua karena sang The Baby Alien –julukan Marquez– melakukan kecerobohan di awal MotoGP 2020.

“Orang yang mengatakan ini, itu karena mereka tidak tahu banyak tentang motor,” ungkap Mir, mengutip dari Autosport, Senin (16/11/2020).

“Marc berada di balapan pertama, ia mempertaruhkan untuk menang dan mencoba memenangkan kejuaraan. Tetapi, ia membuat kesalahan yang membuatnya kehilangan musim. Itu saja,” tambahnya.

“Ini adalah bagian dari permainan, olahraga, dan MotoGP. Saya tidak menganggap gelar ini kurang pantas untuk diraih karena Marquez tidak ada di sana saat ia cedera,” lanjutnya.

Mir pun memastikan diri menjadi gelar juara setelah menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu 15 November 2020 malam WIB. Meski, ia hanya finis di urutan ketujuh, tetapi raihan sembilan sudah cukup mengantarkannya untuk memastikan gelar juara.

Gelar Mir adalah yang pertama untuk Suzuki dalam 20 tahun terakhir. Ia membuatnya menjadi pembalap Spanyol ketiga yang meraih gelar juara dunia di era MotoGP setelah Jorge Lorenzo dan Marquez.

Sementara itu, Honda telah mengonfirmasi bahwa Marquez akan kembali beraksi di MotoGP pada musim 2021. Sebab berdasarkan laporan yang beredar di Spanyol, kakak dari Alex Marquez itu masih membutuhkan operasi ketiga di lengannya.



Sumber : oekzone.com

No comments

Powered by Blogger.