'Gempa Bumi' Ikan raksasa ditangkap setelah 2 gempa melanda Taiwan timur

Oarfish sepanjang 5 meter ditangkap di lepas pantai Taiwan bagian timur setelah gempa terjadi

(Foto Restoran Seafood Fumei Huo)

TAIPEI  - Nelayan Taiwan pada Jumat (6/11) menangkap oarfish besar (Regalecus glesne) dengan panjang hampir lima meter di lepas pantai Taiwan timur, pada hari yang sama dua gempa bumi melanda daerah tersebut.

Ikan oarfish tersebut berukuran panjang 490 sentimeter dan berat sekitar 45 kilogram yang ditangkap di lepas pantai Dong'ao di Kabupaten Yilan.

Pemilik Fumei Huo Seafood Restaurant membeli ikan tersebut seharga NT $ 16.000 (US $ 560). Chen Kuo-pin (陈国滨) dikutip oleh Liberty Times mengatakan bahwa itu adalah "Ikan Gempa Bumi" terpanjang (地震 鱼) ) yang pernah dia lihat.

Oarfish disebut "Ikan Gempa Bumi" di Taiwan karena menurut pengetahuan lokal, mereka muncul dari laut dalam sebelum gempa besar. Chen mengatakan bahwa satu kilogram daging dari ikan tersebut bisa dijual seharga NT $ 400 dan "lebih empuk dari tahu" dan cocok untuk masakan kukus

Chen mengatakan, jaring ikan biasanya dilemparkan antara dini hari dan larut malam, Dia berspekulasi bahwa leviathan mungkin telah tertangkap di jaring saat larut malam.

Ia mengatakan, para nelayan mengaku ular laut itu masih hidup saat mereka sampai di pelabuhan, namun karena termasuk ikan laut dalam, ia tidak bisa bertahan lama di dalam tangki.

Menurut Chen, itu adalah ikan terbesar dari jenisnya yang pernah ditangkap di kawasan Yilan, banyak nelayan setempat yang menguatkan pernyataannya.

(Foto Restoran Seafood Fumei Huo)

Chen telah menjalankan restoran seafood miliknya selama 55 tahun. Pelanggan juga dikabarkan dibuat kagum dengan ukuran makhluk laut tersebut.

Pada pukul 2:36 pagi hari Jumat, gempa bumi berkekuatan 5,4 melanda 30,3 kilometer tenggara Balai Kabupaten Taitung pada kedalaman fokus 25,3 km, menurut data CWB. Pada hari yang sama pada pukul 9:40, gempa berkekuatan 5,4 melanda 107,8 kilometer timur -telah timur laut Balai Kabupaten Taitung pada kedalaman fokus 29 km, lapor CWB.

Ketika ditanya apakah dia yakin ikan itu muncul karena gempa bumi yang melanda hari itu, Chen menjawab dengan mengatakan "itu untuk dijelaskan oleh para ahli."

Chen kemudian menjelaskan bahwa banyak yang ditangkap setiap tahun di Yilan dan biasanya panjangnya sekitar 100 hingga 200 cm. "Hampir lima meter sangat jarang."

Ia mengatakan, daging ikan biasanya dijual dengan harga NT $ 300 hingga NT $ 400 per kilogram, menurutnya dagingnya sangat empuk setelah dikukus dan bisa diambil dengan sendok. (GS)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.