Intip Megahnya Vihara 1.000 Patung Instagenik di Tanjungpinang

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva (Foto: Instagram/@riandarizal89)

SALAH satu vihara terbesar di Asia Tenggara berada di Indonesia. Vihara tersebut bernama Ksitigarbha Bodhisattva, tempat beribadah umat Buddha ini terletak di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Berdasarkan unggahan foto Instagram Zenith Halalan, Selasa (10/11/2020), Vihara Ksitigarbha Bodhisattva terkenal dengan julukan vihara seribu wajah atau seribu patung.

Pasalnya, di vihara ini terdapat 500 patung Lohan dengan rupa-rupa wajah dan memiliki lebih dari 40 patung dewa-dewa dalam kepercayaan Budha. Maka itu, vihara ini menjadi vihara salah satu vihara terbesar.

"Vihara Ksitigarbha Bodhisattva terkenal dengan Vihara Patung Seribu. memiliki 500 patung Lohan dengan berbagai wajah dan juga 40 lebih patung dewa-dewa dalam agama Budha," tulis @zenith_halalan.


Patung-patung tersebut dibuat langsung oleh seniman yang berasal dari Tiongkok. Harga untuk membuat patung-patung itu cukup beragam mulai dari Rp20 juta sampai Rp30 juta tergantung kerumitan pembuatannya.

Proses pengerjaan vihara ini dari awal hingga selesai berlangsung selama 14 tahun. Sementara peresmiannya terjadi pada Februari 2017 lalu. Tak heran jika hasilnya sangat megah, indah dan memanjakan mata.


Pengunjung yang datang bakal melewati bangunan besar seperti gerbang kota kuno, seakan-akan terhanyut ke sebuah negeri asing dengan batu-batu yang tersusun rapi hingga membentuk sebuah bangunan besar.

Bagian paling menarik dan instagramable adalah komplek patung 1.000 wajah. Masing-masing patung memiliki ekspresi yang berbeda satu sama lain dengan ukuran rata-rata sama dengan manusia.

Berwisata ke tempat ibadah seperti Vihara Ksitigarbha Bodhisattva memiliki keistimewaan tersendiri. Tak hanya melihat keindahan arsitektur bangunan, pengunjung yang beruntung juga bisa menyaksikan orang-orang yang tengah beribadah.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva terletak persis di sebelah Barat Kota Tanjungpinang. Berjarak kurang lebih 10 km dari pusat kota dengan waktu tempuh 20 menit menggunakan kendaraan pribadi.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.