Jawaban Kebun Binatang Taipei untuk tabrakan burung

Kaca ramah burung mengurangi risiko hewan berbulu terbang langsung ke arah kaca

Kebun Binatang Taipei menggunakan jendela bertitik untuk menghindari tabrakan burung 
(Foto Kebun Binatang Taipei)

TAIPEI - Kebun Binatang Taipei telah menemukan cara sederhana namun cerdas untuk mencegah burung menabrak jendela - dengan mendekorasi kaca dengan banyak titik putih.

Pendekatan perlindungan avians telah dilakukan sejak insiden Agustus lalu yang melibatkan barbet Taiwan yang terluka tepat di bawah dinding kaca, ditemukan mengalami kerusakan kantung udara akibat benturan dengan dinding transparan.

Untuk menghindari kecelakaan "mematikan jendela", penjaga kebun binatang telah bekerja sama dengan dokter hewan dari Raptor Research Group of Taiwan. Solusinya adalah menempelkan stiker dengan titik-titik berserakan padat ke jendela untuk mengurangi kemungkinan burung terbang ke kaca dengan kecepatan tinggi, karena salah mengira sebagai habitat alami dari pantulan langit dan pepohonan.

Metode tersebut tampaknya berhasil, dengan tidak ada kecelakaan tabrakan yang dilaporkan di area di mana kaca pengaman burung telah dipasang. Anggota masyarakat disarankan untuk tidak mengutak-atik stiker saat mengunjungi kebun binatang dan didorong untuk melengkapi rumah mereka dengan stiker atau cat serupa untuk mendapatkan efek yang sama.

Menurut American Bird Conservancy , hingga satu miliar kematian burung disebabkan oleh tabrakan kaca di Amerika Serikat setiap tahun. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.