Juventus Keluarkan Rp5,15 Triliun Hanya untuk Cristiano Ronaldo sejak 2018

Cristiano Ronaldo dijual Juventus pada musim panas 2021? (Foto: Twitter/@cristiano)

TURIN – Manajemen Juventus dilaporkan telah mengeluarkan 275 juta pounds atau sekira Rp5,15 triliun hanya untuk Cristiano Ronaldo, semenjak pesepakbola berpaspor Portugal itu mendarat di Stadion Allianz pada musim panas 2018. Menurut laporan Corriere delle Sport, uang 275 juta pounds itu sudah termasuk biaya transfer Cristiano Ronaldo yang mencapai 104 juta pounds (Rp1,98 triliun).

Kehadiran Cristiano Ronaldo memang menimbulkan dampak negatif dan positif bagi Juventus. Dampak negatifnya seperti yang disebutkan di atas, Juventus mesti mengeluarkan uang triliunan rupiah semenjak Cristiano Ronaldo hadir.

Bahkan gaji Cristiano Ronaldo saja sangat mencolok ketimbang pemain Bianconeri –julukan Juventus– lainnya. Saat ini Cristiano Ronaldo menerima 31 juta euro atau setara Rp520,3 miliar per tahun.

Nominal itu unggul hampir empat kali lipat dari yang diterima Matthijs de Ligt, pemain dengan gaji kedua tinggi di Juventus. Bek berpaspor Belanda itu menerima 8 juta euro atau setara Rp134,2 miliar per tahun.

Sementara itu, sisi positifnya adalah, Cristiano Ronaldo dapat diandalkan menjadi mesin uang Juventus. Semenjak Cristiano Ronaldo datang, pemegang tiket terusan Juventus naik 17 persen.

Selain itu, apparel Juventus yakni Adidas juga berani menjalin kesepakatan baru. Apparel asal Jerman itu mengeluarkan 92 juta pounds atau sekira Rp1,72 triliun. Secara individu, Cristiano Ronaldo juga tampil brilian.

Dari 94 penampilan, Cristiano Ronaldo mengemas 71 gol dan 19 assist. Berkat bantuan Cristiano Ronaldo, Juventus memenangkan dua trofi Liga Italia.


Hanya saja, Corriere dello Sport meyakini pada akhirnya Juventus akan melepas Cristiano Ronaldo pada musim panas 2021. Sebab, Juventus butuh menyeimbangkan neraca keuangan mereka, di masa pandemi seperti ini.

Ditambah lagi karena adanya pandemi ini, suporter dilarang datang ke stadion. Alhasil, Cristiano Ronaldo gagal menjadi daya tarik suporter untuk datang ke stadion, mengingat fans untuk sementara waktu dilarang merapat ke venue pertandingan.

Jika benar meninggalkan Juventus, ke mana Cristiano Ronaldo akan berlabuh? Paris Saint-Germain (PSG) menjadi klub yang paling berpeluang mendatangkan Cristiano Ronaldo. Terlebih, direktur olahraga PSG Leonardo de Araujo sudah membuka kemungkinan untuk mendaratkan pesepakbola 35 tahun tersebut.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.