Kisah Horor Delta Plaza Surabaya yang Konon Dulunya Rumah Sakit dan Dihuni Suster Gepeng

Foto

Pusat perbelanjaan modern atau plaza sudah menjamur hampir di seluruh penjuru Indonesia. Kini plaza menjadi salah satu destinasi yang banyak didatangi orang. Baik itu untuk berbelanja maupun nongkrong.

Di balik kemegahan bangunan plaza, ternyata ada sisi kelam yang mengiringi pembangunan gedung bertingkat tersebut. Sisi kelam ini dibumbui dengan suasana mistis yang bikin bulu kuduk merinding. Cerita horor yang berkaitan dengan mall ini pun terus mengular dari generasi ke generasi selanjutnya.

Salah satunya Delta Plaza Surabaya yang terletak di Jalan Pemuda Surabaya ini ternyata menyimpan kisah menyeramkan yang sampai sekarang masih terus diminati, karenanya terus-terusan diceritakan oleh beberapa generasi. Delta Plaza masih ramai sampai hari ini, tapi nggak menutup kemungkinan kan kalau memang banyak makhluk tak kasat mata yang turut menghuninya.

Sebagian orang sudah paham, kalau pusat perbelanjaan yang satu ini dulunya merupakan sebuah Rumah Sakit yang  diubah menjadi mall sekitar tahun 80-an Rumah Sakit itu dulunya bernama Rumah Sakit Simpang, karena tempatnya berada di dekat persimpangan.

Mulanya, Rumah Sakit Simpang diberi nama Centrale Burgerlijke Zienkeninrichting, kemudian dikenal dengan sebutan Centrale Burgerlijke Ziekenhuis (CBZ), namun ada juga yang menyebut Simpang Hospital atau RS Simpang. Dan warga Surabaya yang melek sejarah tentu sudah sangat paham kalau RS Simpang itu sudah musnah, kini berganti menjadi bangunan yang cukup megah.