KMT Taiwan mengancam akan turun ke jalan lagi atas nama keamanan pangan

KMT mengatakan akan mengatur pawai kedua jika Presiden Tsai menolak untuk melibatkan partai dalam debat yang disiarkan televisi

KMT mengancam akan mengadakan protes kedua terhadap 
impor daging babi ractopamine Amerika.  (Foto CNA)

TAIPEI  - Sekretaris Jenderal Kuomintang (KMT) Li Chien-lung (李 乾 龍) mengatakan pada hari Selasa (24 November) bahwa jika Presiden Tsai Ing-wen (蔡英文) tidak mau berdebat dengan KMT mengenai Daging babi impor AS yang mengandung ractopamine aditif tanpa lemak, partai akan turun ke jalan lagi.

Ketua KMT Johnny Chiang (江啟臣) sebelumnya menyebutkan bahwa pemerintah Tsai tidak menjelaskan dengan jelas implikasi dari pelonggaran pembatasan daging babi Amerika kepada publik. Karena itu, dia mengundang Presiden Tsai Ing-wen untuk berdebat di televisi dengannya, CNA melaporkan .

Selama wawancara radio Selasa pagi, Li mengatakan bahwa KMT akan secara resmi mengundang Presiden Tsai ke sebuah debat dan jika dia tidak setuju untuk berpartisipasi, partai tersebut akan merencanakan pawai lain untuk memastikan keamanan pangan bagi orang Taiwan.


Li menegaskan bahwa KMT ingin menjadi partai oposisi yang berkualitas dan pandangan partai terhadap babi ractopamine didasarkan pada opini publik. Li juga mengatakan bahwa jika Presiden Tsai tidak menerima perdebatan tersebut, maka orang-orang akan melakukan protes di jalanan, menambahkan bahwa opini publik harus diungkapkan.

Ketika ditanya tindakan apa yang akan diambil partai oposisi jika Presiden Tsai tidak mau berdebat, Li hanya mengatakan bahwa KMT akan terus menuntut Perdana Menteri Su Tseng-chang (蘇貞昌) meminta maaf dan menjelaskan mengapa daging babi ractopamine diizinkan.

Li kemudian mengatakan bahwa tujuan akhir memerangi masalah babi ini adalah agar Presiden Tsai mundur. Ia juga menyebutkan, alasan mengapa hubungan lintas selat kini tegang karena ulah presiden sendiri. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.