Kolesterol Tinggi, Hindari 4 Makanan Tidak Sehat Ini


Kolesterol adalah suatu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D dan beberapa hormon. Namun, jika kandungan tersebut terlalu tinggi di dalam tubuh, beberapa penyakit dan komplikasi mungkin akan terjadi dan berbahaya bagi pengidapnya.

Sekitar 30 persen kandungan kolesterol diperoleh melalui makanan yang masuk ke tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga konsumsi makanan sehari-hari agar tubuh kamu tetap sehat dan mencegah terjadinya kolesterol tinggi. Berikut adalah beberapa makanan yang harus kamu hindari!

Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Hindari Makanan Tidak Sehat
Kolesterol adalah sebuah zat lilin yang diproduksi oleh tubuh dan juga masuk ke tubuh melalui makanan yang kamu konsumsi dari produk hewani, seperti daging, telur, dan susu. Walau terkenal merugikan, ternyata fungsi dari zat tersebut terbilang penting. Kandungan tersebut dapat membantu empedu untuk mencerna lemak.

Kolesterol juga merupakan komponen penting dari setiap sel pada tubuh untuk memberikan kekuatan dan fleksibilitas pada membran sel. Kandungan kolesterol yang merugikan tubuh adalah LDL atau kolesterol jahat. Jika kandungan kolesterol jahat tinggi di dalam tubuh, banyak gangguan yang mungkin terjadi.


Maka dari itu, pembatasan konsumsi beberapa makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi sangat penting untuk dilakukan. Berikut adalah makanan yang harus kamu hindari untuk dikonsumsi agar menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi:

1. Gorengan
Sesuatu yang digoreng, baik itu dengan minyak atau margarin, maka kadar kolesterolnya akan meningkat drastis. Terlebih lagi, beberapa orang menjual gorengan dengan minyak yang sudah sering kali digunakan. Maka dari itu, pembatasan makanan yang digoreng sangat penting, serta alternatifnya adalah mengonsumsi makanan yang dikukus atau direbus.

2. Makanan Cepat Saji
Kamu juga harus menghindari makanan cepat saji atau junk food. Disebutkan bahwa makanan tersebut memiliki kadar gizi yang rendah dan kaya akan lemak yang rawan menyebabkan kolesterol tinggi. Hal yang dapat kamu lakukan adalah mengurangi kebiasaan konsumsi makanan cepat saji tersebut.

Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk memasak makanan yang akan kamu konsumsi di rumah. Dengan memilih bahan dasar yang baik bagi tubuh, cara memasaknya juga dapat menjaga kolesterol dalam tubuh tetap normal. Selain itu, kamu juga dapat memastikan yang kamu konsumsi adalah kolesterol baik.

3. Daging Olahan
Beberapa daging yang telah diolah, seperti sosis, bacon, dan hot dog, telah mengandung kolesterol yang tinggi sehingga konsumsinya harus dibatasi. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, kamu mungkin memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan kanker. Seseorang yang rutin mengonsumsi makanan ini, peningkatan risikonya akan meningkat secara signifikan.

4. Manis
Makanan manis adalah sesuatu yang menjadi favorit banyak orang. Beberapa jenis dari makanan tersebut adalah kue kering, es krim, dan lainnya. Ternyata, kandungan di dalamnya cenderung memiliki kolesterol yang tinggi, serta ditambah lemak dan kalori yang terlalu banyak dari gula yang ada.

Seseorang yang mengonsumsi makanan ini juga secara rutin dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan serta meningkatkan berat badan. Dengan kombinasi kolesterol yang tinggi dan obesitas, kamu dapat mengalami risiko yang lebih tinggi pada penyakit jantung dan beberapa penyakit bahaya lainnya. (GS)

Sumber : Halodoc

No comments

Powered by Blogger.