Laksamana Angkatan Laut AS melakukan kunjungan mendadak ke Taiwan

Laksamana Muda Michael Studeman tiba di Taipei pada hari Minggu

Pesawat militer AS di Bandara Songshan pada hari Minggu. (Foto CNA)

TAIPEI - Seorang laksamana angkatan laut bintang dua yang mengawasi intelijen militer AS di kawasan Asia-Pasifik melakukan kunjungan mendadak ke Taiwan pada Minggu (22 November), lapor Reuters .

Sumber yang berbicara tanpa menyebut nama, termasuk seorang pejabat Taiwan yang mengetahui perjalanan itu, mengatakan kepada Reuters bahwa pejabat itu adalah Laksamana Muda Michael Studeman. Studeman adalah direktur J2, yang bertanggung jawab atas intelijen, di Komando Indo-Pasifik militer AS, menurut ke situs web angkatan laut AS.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menolak mengomentari kunjungan tersebut, begitu pula Pentagon AS. Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) mengkonfirmasi pada hari Minggu bahwa seorang pejabat AS telah tiba di negara itu tetapi tidak memberikan rincian apa pun, menambahkan kunjungan tersebut belum telah dipublikasikan.

United Daily News (UDN) menerbitkan foto-foto jet pribadi tanpa tanda, yang dikatakan sebagai pesawat militer AS, tiba di Bandara Songshan Taipei. Data dari situs web pelacakan penerbangan planefinder.net mencatat sebuah pesawat pribadi terbang ke Songshan pada Minggu sore dari Hawaii. , di mana Komando Indo-Pasifik bermarkas, menurut Reuters.

MOFA mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat ada interaksi yang sering dengan Washington dan bahwa "kami menyambut kunjungan pejabat AS." Ia juga menambahkan, "Tetapi karena rencana perjalanan ini belum dipublikasikan, berdasarkan rasa saling percaya antara Taiwan dan Amerika Serikat. , Kementerian Luar Negeri tidak memiliki penjelasan atau komentar lebih lanjut. "

Menurut Randall Schriver, mantan asisten menteri pertahanan untuk Asia selama pemerintahan Trump, Pentagon di bawah Trump secara diam-diam telah mengirim perwira bendera bintang satu ke Taiwan. Dia menambahkan bahwa Washington dan Taipei memiliki pertukaran intelijen yang erat di Ancaman militer Tiongkok.

AS telah meningkatkan kunjungan tingkat tinggi ke Taiwan di bawah pemerintahan Donald Trump. Pada bulan Agustus, Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Alex Azar menjadi pejabat Kabinet AS dengan peringkat tertinggi yang mengunjungi negara itu sejak 1979.

Azar kemudian diikuti oleh Wakil Menteri Luar Negeri Keith Krach, yang menghadiri upacara peringatan mendiang Presiden Lee Teng-hui (李登辉). Pada 5 Desember, kepala Badan Perlindungan Lingkungan AS, Andrew Wheeler, diperkirakan akan memimpin 10 Delegasi pribadi ke Taiwan untuk kunjungan tiga hari untuk membicarakan sampah laut, kualitas udara, dan masalah anak-anak. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.