Mengenal Psoriasis Lebih Jauh, Bukan hanya Penyakit Kulit Biasa




     Psoriasis adalah kondisi kulit autoimun yang mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit. Psoriasi biasanya ditandai dengan timbulnya bercak merah bersisik, tebal, dan kering.




Psoriasis dapat timbul pada kulit di area tubuh manapun. Beberapa penderita psoriasis juga mengalami gatal, terbakar, dan menyengat, namun kondisi ini tidak menular, dan telah dialami oleh sekitar 2% total populasi dunia.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami psoriasis. Walaupun penyakit ini belum dapat disembuhkan sepenuhnya, penanganan yang tepat dapat mengendalikan kekambuhannya.Psoriasis dapat timbul pada kulit di area tubuh manapun. Beberapa penderita psoriasis juga mengalami gatal, terbakar, dan menyengat, namun kondisi ini tidak menular, dan telah dialami oleh sekitar 2% total populasi dunia.

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami psoriasis. Walaupun penyakit ini belum dapat disembuhkan sepenuhnya, penanganan yang tepat dapat mengendalikan kekambuhannya.

Orang dengan psoriasis juga dapat memiliki berbagai penyakit penyerta lainnya, seperti depresi, diabetes, dan jantung. Sekitar 12% orang dengan psoriasis memiliki diabetes tipe 2.

Semua orang memiliki risiko terkena psoriasis, baik pria maupun perempuan. Jika kamu memiliki masalah psoriasis atau memiliki riwayat, sadari pemicunya.

Walaupun telah mendapatkan pengobatan dari dokter, pasien psoriasis juga harus mengubah dan menerapkan gaya hidup sehat untuk mendapatkan kualitas hidup yang optimal. PSONESIA, sebuah aplikasi mobile yang ditujukan untuk membantu dokter dan pasien psoriasis di Indonesia baru saja dirilis.

Beberapa fitur dalam aplikasi ini dapat membantu pasien mendapatkan informasi yang komprehensif seputar psoriasis, riwayat penyakit, dan pengobatan yang telah dijalani, progres psoriasis pasien, membantu mengarahkan pasien kepada dokter spesialis terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Aplikasi ini merupakan gagasan dari Kelompok Studi Psoriasis Indonesia dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Indonesia, serta didukung oleh Novartis Indonesia.

Sumber :fimela

No comments

Powered by Blogger.