Mulai Bisnis Takut Gagal? Sering-Sering Nongkrong Bareng Pengusaha


Berniat membuka bisnis saat terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di saat pandemi Covid-19 merupakan solusi yang bijak. Namun, terkadang keputusan untuk membuka usaha selalu dihantui rasa takut gagal.

Hal ini sangat wajar, apalagi jika ini bisnis pertama yang Anda lakoni. Tapi pikiran itu diharapkan tak selalu membelenggu Anda dan membuat ragu dalam berbisnis.

Agar rasa ragu dan takut saat ingin memulai bisnis hilang, simak beberapa tips berikut ini yang diberikan oleh Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho.


Andy menyebut kegagalan dalam menjalani sebuah bisnis di tahap awal itu merupakan hal yang wajar. Namun, jangan biarkan rasa takut menghalangi langkah Anda dalam membangun bisnis. Sebab, ketakutan memulai hanya membuat kesuksesan berbisnis jadi tertunda.

"Berbisnis kadang memang enggak selalu bisa menemukan satu produk yang awet dan bisa terus berkembang. Jadi namanya gagal dan dicemooh orang itu biasa aja," kata Andy kepada Okezone, Selasa (3/2/2020).

Dia mengimbau kepada seorang pebisnis anyar agar lebih sering berkumpul dengan komunitas pengusaha-pengusaha kawakan. Sehingga bisa menyerap ilmu dari mereka dalam menggapai kesuksesan.

"Maka agar bisa menghilangkan rasa keraguan yang timbul, sering-sering berkumpul dengan komunitas-komunitas pengusaha dan carilah mentor ataupun orang yang kita anggap bisa mementori kita dalam berbisnis. Sehingga bisa selalu mendapatkan atmosfer yang positif ketika kita gagal dan berbalik semangat lagi," ujarnya.

Menurut dia, ketika seseorang mencapai tangga kesuksesan dalam berbisnis itu pasti akan menemui fase kegagalan.

"Jadi kadang harus mencoba beberapa bisnis dulu, baru ketemu yang benar-benar cocok," kata dia.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.