Pabrik 3 nm TSMC di Taiwan selatan mencapai tonggak konstruksi

Fasilitas proses 3 nanometer diharapkan mulai produksi massal pada paruh kedua tahun 2022

Logo TSMC (foto Reuters)

TAIPEI  - Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC) mengadakan upacara peningkatan sinar pada hari Selasa (24 November) untuk pabrik proses 3 nanometer di Taman Sains Taiwan Selatan Tainan, menandai tonggak penting konstruksi.

Berbicara di acara tersebut, Ketua Eksekutif TSMC Mark Liu (劉德 音) mengatakan pabrik akan menjadi pabrik proses logika paling maju di dunia dan akan membantu perusahaan mempertahankan posisi terdepan dalam industri semikonduktor, CNA melaporkan.

Menurut Liu, pabrik pengolahan 3 nm berdiri di atas lahan sekitar 35 hektar dan menawarkan lebih dari 160.000 meter persegi area kamar bersih - kira-kira seluas 22 lapangan sepak bola. Kamar bersih dirancang untuk mempertahankan tingkat partikulat yang sangat rendah, seperti debu, organisme di udara, atau partikel yang menguap, dan sangat penting dalam produksi semikonduktor.

Fasilitas Tainan diharapkan mulai produksi massal pada paruh kedua 2022. Setelah produksi massal dimulai, TSMC mengharapkan kapasitas akan melebihi 600.000 wafer 12 inci per bulan, Liu menambahkan.

Kampus Taman Sains Taiwan Selatan TSMC saat ini mempekerjakan lebih dari 15.000 pekerja. Setelah pabrik 3 nm beroperasi, perusahaan mengharapkan memiliki sekitar 20.000 karyawan di Tainan.

Liu mengatakan bahwa TSMC akan terus berinvestasi di Taiwan dan melanjutkan komitmennya pada manufaktur hijau dengan mempromosikan konservasi energi, konservasi air, pengurangan limbah dan karbon, serta perlindungan ekologi. Di bulan Juli tahun ini, TSMC bergabung dengan Global Renewable Energy Initiative (RE100) dan menjadi perusahaan semikonduktor pertama yang berjanji akan menggunakan 100 persen energi terbarukan pada tahun 2050. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.