Pemasok Apple Taiwan memperluas operasi di India

Foxconn, Pegatron, Wistron memperluas operasi di India karena hibah pemerintah India, ketegangan perdagangan AS-China

Seorang pria Taiwan antre untuk membeli iPhone baru pada November 2020.  
(foto CNA)

TAIPEI - Tiga pemasok Apple Taiwan memperluas operasi mereka di India, sebagian berkat insentif investasi yang murah hati dan dorongan Amerika untuk "memindahkan pabrik keluar dari China," lapor media.

Produsen elektronik Taiwan Pegatron (和 碩) mengonfirmasi berita awal tahun ini bahwa mereka telah mendaftarkan perusahaan di Chennai sebagai anak perusahaan. CNA melaporkan bahwa pembangunan pabrik Pegatron di Mahindra World City Chennai sedang berlangsung dan diharapkan selesai pada bulan Desember tahun ini.

Perusahaan tersebut adalah produsen kontrak terbesar kedua Apple dan dikatakan telah menginvestasikan $ 10,9 miliar INR (NT $ 4,23 miliar) di India melalui anak perusahaan barunya, Pegatron India. Pegatron sekarang sedang mencari sebidang tanah lain di Tamil Nadu dan Andhra Pradesh untuk mendirikan pabrik India keduanya.

Jika konstruksi selesai sesuai jadwal, Pegatron dapat memulai produksi komersial paling cepat pada Juni 2021. Sementara itu, Wistron (緯 創) dan Foxconn (鴻海) sedang membangun lebih banyak pabrik di negara Asia Selatan itu.

Kedua perusahaan tersebut telah mempercepat ekspansi mereka ke India setelah menerima hibah yang disetujui oleh pemerintah India. Foxconn dan Wistron dikatakan telah menjanjikan investasi masing-masing $ 40 miliar INR dan $ 13 miliar INR di India untuk menerima insentif terkait produksi.

Foxconn saat ini merakit iPhone XR dan iPhone 11, sedangkan Wistron memproduksi iPhone SE, iPhone 7, dan iPhone 8.

CNA mengaitkan ketegangan perdagangan AS-China, pengocokan rantai pasokan global terkait pandemi besar-besaran, dan dorongan oleh perusahaan Amerika untuk menarik diri dari China yang mendorong tiga produsen kontrak Taiwan untuk membawa kapasitas produksi mereka ke negara lain. India dan negara-negara Asia Tenggara lainnya merupakan pilihan yang sangat menarik.

Orang-orang yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada CNA bahwa produsen Apple Macbook Taiwan Quanta Computer sedang mempertimbangkan rencana untuk memindahkan sebagian dari kapasitas produksinya dari China ke India. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.