Peristiwa 27 November : Wahana Luar Angkasa Uni Soviet Mendarat di Mars


JAKARTA - Sederet peristiwa pernah terjadi pada 27 November dari tahun ke tahun. Sejumlah peristiwa atau momen yang terjadi pada 27 November tercatat menjadi bagian dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia, bahkan dunia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa yang terjadi 27 November, mulai dari wahana luar angkasa Uni Soviet berhasil mendarat di Mars, hingga lahirnya Bruce Lee. Berikut ulasan singkat Okezone terkait sejumlah peristiwa yang terjadi pada 27 November :

1. Wahana Luar Angkasa Uni Soviet Berhasil Mendarat di Mars

Sebuah wahana luar angkasa yang berasal dari Uni Soviet, Mars 2 berhasil mendarat di Planet Mars pada 27 November 1971.

Mars 2 adalah satelit yang diluncurkan oleh Uni Soviet ke Mars yang identik dengan Mars 3. Mars 2 merupakan benda buatan manusia pertama yang mendarat di Mars.

Mars 2 meluncur pada 19 Mei 1971. Wahana tersebut kemudian berhasil mendarat di Mars pada 27 November 1971.

2. Atmosfer Hidrogen Ditemukan di Planet Ekstrasurya

Atmosfer hidrogen ditemukan di planet ekstrasurya Osiris oleh Teleskop luar angkasa Hubble, pada 27 November 2001. Ini adalah amosfer pertama yang1 dideteksi di planet ekstrasurya.

Hidrogen sendiri merupakan unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1. Pada suhu dan tekanan standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifat non-logam, bervalensi tunggal, dan merupakan gas diatomik yang sangat mudah terbakar.

3. SEA Games 2005 Digelar di Filipina

Pesta Olahraga Asia Tenggara 2005 atau Southeast Asian Games 2005 (SEA Games) diadakan di Filipina dari tanggal 27 November - 5 Desember 2005. Ini adalah ketiga kalinya pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara diadakan di Filipina.

SEA Games di Filipina diadakan pertama kali pada tahun 1981 dan yang kedua pada 1991. Untuk pertama kalinya, Filipina menjadi juara umum Pesta Olahraga Asia Tenggara.

4. Kelahiran Benigno Aquino Jr

Benigno Simeon ''Ninoy'' Aquino, Jr. lahir di Concepcion, 27 November 1932 dan meninggal di Manila, 21 Agustus 1983 pada umur 50 tahun. Ia juga dikenal dengan sebutan Ninoy Aquino.

Aquino adalah salah satu Senator Filipina. Ia mengawali karier politik sebagai wali kota Concepcion. Sebelumnya ia menjadi wartawan di Manila Times.

Ia adalah suami dari Presiden Corazon Aquino. Sesaat setelah turun, ia diberondong dengan pistol. Orang yang tertembak di sebelahnya dinyatakan sebagai penembaknya. Diduga tentara yang melakukan aksi tersebut.

5. Kelahiran Bruce Lee

Bruce Lee lahir pada 27 November 1940 dan meninggal 20 Juli 1973 pada umur 32 tahun. Ia adalah aktor bela diri asal Hong Kong. Bruce Lee lahir di San Fransisco, namun masa kecil hingga remaja tinggal di Hong Kong, masa mudanya berkarier di Amerika Serikat.

Sebagai aktor dan ahli seni beladiri, Bruce Lee mempopulerkan film-film kungfu ke seluruh dunia. Ia meninggal dalam usia muda pada tahun 1973.

Pada tanggal 20 Juli 1973, Bruce Lee mengalami sakit kepala. Ia dianjurkan untuk meminum obat penghilang rasa sakit bernama Equagesic. Setelah meminum satu pil, ia tertidur dan koma. Ia tidak bisa bangun kembali dan dinyatakan meninggal dunia.

Hasil penelitian forensik menyatakan sebab kematian Bruce 9 hari kemudian. Diketahui bahwa Bruce hipersensitif terhadap obat tersebut yang mengakibatkan pembengkakan di dalam otak yang berujung pada koma dan kematiannya.

6. Kelahiran Abraham Samad

Abraham Samad lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 27 November 1966; umur 52 tahun. Ia adalah seorang advokat Indonesia yang menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015.

Abraham Samad sebelumnya pernah mendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Komisi Yudisial. Namun, semua gagal hingga ia memutuskan untuk mengikuti seleksi calon pimpinan KPK.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.