Presiden Taiwan menawarkan bantuan kepada Filipina setelah 3 topan melanda negara itu

Kelompok lokal Filipina di Taiwan menyerukan sumbangan untuk membantu daerah Filipina yang dilanda topan

Presiden Tsai Ing-wen. 
(Foto CNA)

TAIPEI - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (蔡英文) pada hari Jumat (13 November) menawarkan untuk memberikan bantuan kepada Filipina setelah dilanda tiga topan dalam waktu satu bulan, dan kelompok lokal Filipina menyerukan sumbangan.

Pada akhir Oktober, Topan Molave ​​(dikenal di Filipina sebagai Topan Quinta) menewaskan 27 orang dan melukai 40 lainnya, menyebabkan kerusakan nasional sebesar US $ 87,1 juta, menurut Dewan Manajemen dan Pengurangan Risiko Bencana Nasional ( NDRRMC ). Kemudian, pada awal November, Topan Goni (dikenal di Filipina sebagai Topan Super Rolly) menghantam pulau Luzon, menewaskan 17 orang, berdampak pada 2 juta orang, dan menimbulkan kerugian sebesar US $ 369 juta, menurut NDRRMC .

Minggu lalu, Topan Vamco (dikenal di Filipina sebagai Topan Ulysses) melanda negara itu, membawa hujan deras yang menyebabkan sungai meluap dan bendungan di seluruh Luzon mencapai titik-titik tumpahannya. Pihak berwenang terpaksa membuka ketujuh gerbang Bendungan Magat. Sungai Cagayan dan menyebabkan banjir besar di Cagayan dan Isabela.

Hingga hari Minggu, korban tewas akibat Topan Vamco adalah 53, dengan 22 hilang dan 52 terluka, menurut polisi dan tentara Filipina.NDRRMC mengatakan banjir dan tanah longsor telah menyebabkan kerusakan infrastruktur senilai US $ 24,7 juta.


Dalam tweet yang diposting pada hari Jumat (13 November), Tsai menggambarkan kehancuran akibat topan di Filipina sebagai "memilukan." Dia menulis bahwa "pikirannya bersama semua orang" yang terkena dampak bencana di sana.

Dia kemudian menyatakan bahwa "Taiwan mengharapkan kekuatanmu" dan berjanji negaranya akan menawarkan bantuan. Sejak saat itu, tweet tersebut memperoleh 11.000 suka, 1.307 retweet, dan 280 komentar, terutama dari orang Filipina yang berterima kasih kepada Tsai karena menawarkan bantuan.

Sementara itu, organisasi lokal Filipina di Taiwan meminta sumbangan uang tunai, pakaian, atau barang-barang kering untuk disumbangkan kepada para korban bencana. Sejauh ini, Confederation of Ilocano Association, Inc. (CIASI) telah mengumpulkan NT $ 8.050 (US $ 282,45) di sumbangan tunai, dan "Good Boys in Taiwan" telah mengumpulkan NT $ 15.000 dalam bentuk tunai untuk membeli persediaan bantuan, lapor CNA. (SG)

Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.