Rumah halaman berusia seabad telah di pugar kembali dan kembali dibuka di New Taipei

Rumah bersejarah dibuka kembali, memberikan kesempatan kepada publik untuk mengagumi arsitektur bergaya Fujian selatan

(Foto Pemerintah Kota Taipei Baru)

TAIPEI - Sebuah bangunan bersejarah yang direlokasi dan dipasang kembali di Distrik Wugu Kota New Taipei telah dibuka untuk pengunjung, memberikan kesempatan kepada publik untuk menghargai keindahan rumah halaman bergaya Fukien selatan berbentuk U tradisional.

Shou Rang Hall (守 让 堂), bekas kediaman keluarga Wu di Wugu, dibangun pada tahun 1917, menurut data pemerintah New Taipei City. Keluarga tersebut menggunakan kapal uap perusahaan perdagangannya untuk mengangkut material seperti porselen dan batu untuk membangun rumah di tempat yang sekarang menjadi persimpangan Jalan Chengtai dan Jalan Denglin.

Namun, salah satu sayap dari rumah tua itu dirobohkan untuk pembangunan Jalan Tol Nasional 1 pada tahun 1970. Pada tahun 2006, rumah tersebut didaftarkan sebagai bangunan bersejarah setelah kampanye untuk melestarikan warisan arsitektur diluncurkan.

(Foto Pemerintah Kota Baru Taipei)

Pada tahun 2007, rencana relokasi dan perakitan kembali diadopsi oleh Pemerintah Kota New Taipei. Komponen rumah tua dibongkar dan disimpan.

Pembangunan rumah baru dimulai pada 2018, menelan biaya total pemerintah kota NT $ 85 juta.Bangunan itu baru saja selesai dan dibuka untuk umum pada 7 November.

Shou Rang Hall sekarang menjadi ruang publik dengan ruang kelas, ruang baca, ruang pameran, dan ruang untuk kegiatan seni dan budaya. (GS)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.