Sekretaris negara AS mengatakan dua negara adalah mitra untuk mempertahankan kebebasan, memajukan hubungan ekonomi, dan mempromosikan nilai-nilai demokrasi.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo  (foto AP)

TAIPEI - Setelah Dialog Kemitraan Kemakmuran Ekonomi AS-Taiwan selesai pada Jumat (20 November), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Sabtu berkomentar bahwa dialog ekonomi akan semakin memperkuat hubungan ekonomi AS-Taiwan.

Pompeo, yang mengunjungi Timur Tengah, mengatakan melalui Twitter Sabtu pagi, “Amerika Serikat dan Taiwan adalah mitra yang kuat dalam mempertahankan kebebasan, memajukan hubungan ekonomi, dan mempromosikan nilai-nilai demokrasi bersama kami.” Dia menambahkan, “Institut Amerika di Ekonomi Taiwan Prosperity Partnership Dialogue semakin memperkuat hubungan ekonomi kita. "

Dialog ekonomi bilateral, yang diselenggarakan oleh Institut Amerika di Taiwan (AIT) dan Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei (TECRO) di AS, berlangsung pada hari Jumat dalam bentuk pertemuan virtual dan tatap muka. Wakil Menteri Taiwan Urusan Ekonomi Chen Chern-chyi (陈正祺) memimpin sebuah delegasi ke Washington untuk bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Keith Krach, CNA melaporkan .

Selain menandatangani nota kesepahaman (MOU) lima tahun untuk kerja sama, kedua belah pihak telah membentuk "mekanisme dialog yang dilembagakan," menurut TECRO. Kantor perwakilan menambahkan bahwa kedua belah pihak akan membahas topik termasuk pembangunan infrastruktur, rantai pasokan, penyaringan investasi, 5G bersih, hak-hak perempuan, dan keamanan kesehatan global di sesi mendatang.

Departemen Luar Negeri AS juga menyampaikan optimisme semalam, menyatakan dialog ekonomi memberikan AS dan Taiwan kesempatan untuk mempromosikan bidang kerja sama ekonomi yang ada dan pada saat yang sama menjalin hubungan ekonomi baru. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.