Tahukah Kamu, Nama Kepulauan Hawaii Awalnya Adalah Pulau Sandwich

 Pulau Maui, Hawaii (Pixabay.com)Sandwich merupakan roti lapis yang sering kita santap saat sarapan atau menjadi bekal untuk ke sekolah dan ke kantor. Di antara tumpukan roti terdapat daging asap, keju, selada, tomat, metimun, dan aneka isian lain sesuai selera.

Kepraktisan melahap roti lapis atau sandwich ini tak lepas dari asal usulnya. Adalah John Montague, pemimpin Angkatan Laut Inggris pada pertengahan abad ke-18 menjadi orang pertama yang menciptakan sandwich.

Mengutip keterangan tertulis merek selai kacang Skippy, pada 1762 John Montague ingin melahap makanan dengan kandungan gizi yang komplet, termasuk karbohidrat, protein, dan vitamin, dengan praktis.

John Montague yang konon hobi berjudi ingin makanan yang dapat dinikmati tanpa perlu bangun dari tempat duduknya dan membuat dia sejenak berhenti berjudi. Montague juga ogah ribet menggunakan peralatan makan, tapi tak ingin makanan itu mengotori jari-jarinya.

Berulang kali John Montague meminta pelayan membawakan irisan daging yang dilapisi dua lembar roti. Kebiasaan makan ini menjadi ciri khas John Montague. Rekan-rekannya menyebut roti lapis yang dilahapnya sebagai sandwich. Dari situlah John Montague berjuluk Earl of Sandwich IV.

Pada 1778, kapten dan penjelajah asal Inggris James Cook menemukan sekelompok pulau di tengah Samudra Pasifik. James Cook kemudian memberi nama kepulauan itu Pulau Sandwich sebagai bentuk penghormatan kepada John Montague.

James Cook mengambil kata Sandwich dari gelar Earl of Sandwich yang disandang John Montague. Nama Hawaii yang kita kenal saat ini mulai populer pada tahun 1840-an yang diambil dari nama pulau terbesar di sana, yakni Pulau Hawaii. Hingga kini, gugusan kepulauan yang merupakan bagian dari wilayah Amerika Serikat itu dikenal dengan Kepulauan Hawaii.

World Sandwich Day atau Hari Sandwich Sedunia ditetapkan setiap tanggal 3 November. Masyarakat Amerika Serikat merayakan Hari Sandwich Dunia dengan mengkonsumsi sandwich saat sarapan, makan siang, dan makan malam, dengan berbagai macam isian.

Menurut survei Food Surveys Research Group, sebanyak 47 persen orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya menyantap sandwich sebanyak satu porsi atau lebih setiap harinya.

 

Sumber : tempo

No comments

Powered by Blogger.