Taiwan berharap dapat meningkatkan kerja sama dengan Myanmar

Menteri Luar Negeri Joseph Wu memberi selamat kepada Aung San Suu Kyi NLD setelah pemilu Myanmar

Pendukung NLD pada hari pemungutan suara, 8 November, di Yangon, Myanmar 
(foto AP)

TAIPEI - Menteri Luar Negeri Joseph Wu (吴朝燮) mengatakan pada Rabu (18/11) bahwa ia berharap Taiwan dan Myanmar dapat melanjutkan kerja sama bilateral dan memperkuat kemitraan mereka menyusul kemenangan Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi di pemilihan parlemen.

NLD memenangkan mayoritas mutlak di badan legislatif dalam pemilu 8 November, memungkinkannya untuk terus memerintah negara itu selama lima tahun lagi. Taiwan sudah menganggap Myanmar sebagai salah satu negara target di bawah Kebijakan New Southbound-nya, yang berfokus pada peningkatan hubungan dengan Negara-negara Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Australia di berbagai domain, mulai dari perdagangan hingga pendidikan.

Wu menyampaikan pesannya, yang menggambarkan pemilu sebagai tanda demokratisasi dan kemajuan oleh pemerintah Myanmar, melalui kantor perwakilan Taiwan di negara tersebut, CNA melaporkan.

Sebelumnya, kantor Taiwan memuji Myanmar karena mampu menyelenggarakan pemilu demokratis selama pandemi virus korona Wuhan (COVID-19), menambahkan hal itu akan membantu pemerintah baru dalam mempromosikan perdamaian dan memperkuat demokrasi. Perdagangan dan investasi bilateral serta langkah-langkah lain yang saling menguntungkan akan dilakukan. juga menjadi agenda, kata para pejabat. (SG)




Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.