Taiwan menolak kekhawatiran atas hubungan Paraguay setelah WHA

Paraguay menulis surat kepada WHO untuk mendukung kasus Taiwan: Kementerian Luar Negeri


Presiden Paraguay Mario Abdo Benitez (tengah, kanan) mengunjungi Taiwan pada 2018.  (foto CNA)

TAIPEI - Paraguay tidak berbicara atas nama Taiwan pada Pertemuan Kesehatan Dunia (WHA) minggu ini tetapi pihaknya mengirimkan surat dukungan, kata Kementerian Luar Negeri (MOFA) pada Jumat (13 November), menepis. ketakutan tentang masa depan hubungan dengan satu-satunya sekutu Amerika Selatan di pulau itu.

China berhasil menjauhkan Taiwan dari acara kesehatan global, meskipun berhasil dalam memerangi pandemi virus corona Wuhan (COVID-19). Seperti pada kesempatan sebelumnya, beberapa dari 15 sekutu diplomatik pulau itu angkat bicara mendukung partisipasinya, tetapi Paraguay tidak termasuk di dalamnya, Mirror Media melaporkan.

MOFA mengatakan tidak ada masalah dengan hubungan tersebut, karena pemerintah Paraguay telah menulis surat kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mendukung kasus Taiwan. Di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan September, Presiden Mario Abdo Benítez menyampaikan pidato yang telah direkam sebelumnya di mana dia menyatakan persetujuan atas pencarian Taipei untuk bergabung dengan badan-badan dunia, MOFA menambahkan.

Kementerian mengatakan pihaknya menyambut baik semua bentuk dukungan dari sekutu. Dalam kasus Paraguay, kedua negara bekerja sama secara erat, terutama saat memerangi pandemi, karena Taiwan telah memasok sekutunya dengan peralatan pelindung yang diperlukan, MOFA menyimpulkan. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.