Teror Kobra di Bekasi, Ini Langkah Pertama yang Harus Dilakukan jika Bertemu Ular


Teror 12 anak king kobra dan induknya dari 21 telur yang sudah menetas di perumahan Bekasi Timur Regency Lima, Kota Bekasi, Jawa Barat membuat panik Warga. Dari hasil pencarian, warga akhirnya kembali menemukan delapan induk ular king kobra dan jenis ular lainya yang bersarang di dalam rumah kosong.

Tentunya hal ini sangat meresahkan dan berbahaya, sebab hewan yang satu ini memiliki bisa yang sangat mematikan yang bisa membunuh seseorang dengan mudah. Namun pada musim bertelur pada akhir tahun, populasi mereka bakal meningkat dengan pesat. Tentunya sebagai tindakan preventif, Anda harus membekali diri cara untuk mengantisipasi saat bertemu dengan ular.

Anggota Perhimpunan Herpetologi Indonesia, Averroes Oktaliza mengatakan, musim hujan memang merupakan waktu bagi-bagi telur-telur ular menetas. Tak heran bila belakangan banyak ditemukan kasus-kasus ular kobra masuk ke permukiman warga.

Ia pun membagikan beberapa tips ampuh bila tidak sengaja bertemu ular kobra maupun ular jenis lainnya di rumah atau di alam liar.

Menurutnya langkah pertama yang harus dilakukan dan diperhatikan adalah tidak membuat gerakan secara tiba-tiba. Terutama gerakan yang mengejutkan dan mengintimidasi ular tersebut.

"Pada hakikatnya ular itu takut sama manusia. Dan tidak ada sejarahnya ular menyerang manusia, sebelum manusia itu menyerang duluan. Jadi yang harus dilakukan saat bertemu hewan ini jangan panik dan melakukan gerakan secara tiba-tiba," ujar Averroes Oktaliza, saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Selain tidak panik dan membuat gerakan tiba-tiba, seseorang sebaiknya juga menghindari ular kobra atau melakukan kontak fisik.

Cara paling mudah untuk menghindarinya adalah dengan berjalan berlawanan arah. Sebab tidak ada sejarahnya ular mengejar manusia.

Perilaku yang sering mereka lakukan saat menyadari adanya marabahaya hanya mendesis atau bahkan mengigit, bila lawannya agresif.

"Kalau terpaksa mau menyingkirkan karena ular itu ada di jalan yang hendak kita lewati, pakailah alat bantu seperti tongkat atau kayu yang ukurannya panjang sehingga menghindari kita dari jarak gigit," pungkas pria yang kerap disapa Ave tersebut.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.