Tips Mengatasi Rasa Mual dengan Bahan-Bahan Alami


Mual bisa terjadi akibat beberapa hal seperti mabuk perjalanan, kehamilan, stres, kekenyangan, keracunan makanan, dan lainnya. Seringkali dibarengi keinginan untuk muntah.

Dari laporan Insider, mual dikaitkan dengan refluks asam dan makan berlebihan. Ada banyak beredar obat antimual, namun Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan alami.

Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengatasi rasa mual.

Jahe

Jahe memiliki antiinfamasi. Senyawanya bisa dengan cepat memindahkan isi lambung ke usus halus sehingga efektif untuk meredakan mual.

Sebuah studi mengatakan memakan satu gram jahe per hari selama 5 hari bisa mengurangi gejala mual dan muntah pada kehamilan muda dan pasien kemoterapi. Jahe tersedia dalam bentuk suplemen kapsul. Bisa juga menambahkan sepotong jahe ke dalam teh atau sebagai bumbu rempah makanan.


Daun mint

Daun mint memberikan efek menenangkan. Kandungan mentol diduga kuat dalam efek tersebut. Walaupun tidak seefektif jahe, tetapi daun mint bisa dicoba dalam bentuk teh atau minyak aroma terapinya.

Makan dalam porsi kecil

Seperti yang dikatakan di awal tadi, salah satu akibat mual adalah kekenyangan. Makan dengan porsi kecil dan usahakan hambar bisa sedikit membantu mengurangi rasa mual. Hindari soda, makanan pedas, jus, dan alkohol. Gantilah dengan bubur atau nasi.

Tetap terhidrasi

Nyatanya, mual dan muntah adalah gejala utama kelelahan setelah kepanasan. Mungkin akan susah untuk minum dan makan saat mual, tapi dehidrasi hanya akan memperburuk keadaan. Minum air putih membantu merendahkan suhu tubuh dan kembali ke temperatur normal.

Duduk tegak

Hindari berbaring dengan lurus karena hanya akan menyebabkan muntah. Penting untuk tetap memosisikan kepala lebih tinggi dari perut. Duduk tegak dapat menjaga isi perut tetap rendah. Bisa berbaring, asalkan mengganjal kepala dengan beberapa bantal.

Akupresur

Akupresur adalah praktik pengobatan alternatif yang menerapkan tekanan ke titik-titik tertentu pada tubuh, yang dikenal sebagai meridian. Telah ditinjau dalam sebuah jurnal bahwa akupresur dapat mengurangi gejala mual.

Titik mual disebut Perikardium 6 atau Neiguan yang ada di pergelangan tangan, bergerak dari sini menuju dada lalu ke perut bagian atas. Cari benjolan di lengan dalam dan perlahan berikan tekanan secara melingkar menggunakan jempol sampai 2 atau 3 menit. Lakukan hal yang sama di lengan satunya.




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.