Unik, Bangunan Balai Desa Mirip Istana Negara Jadi Lokasi Wisata



PACITAN - Sebuah bangunan balai desa di Pacitan, Jawa Timur, dibangun mirip dengan Istana Merdeka di Jakarta lengkap dengan tangga, tiang penyangga dan lambang negara di atas atap. Hanya ukurannya saja yang lebih kecil.

Keunikan bangunan tersebut menjadikan lokasi bangunan kantor Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur.

Secara visual, balai desa itu dibuat mirip gedung Istana Merdeka di Jakarta. Pada bagian depan terpancang enam tiang beton serta di kanan kirinya terdapat bangunan kecil. Bahkan di atas bagian gedung terdapat lambang Burung Garuda serta bendera merah putih.

Bangunan berdiri di atas lahan seluas 12x35 meter persegi ini didesain semirip mungkin dengan Istana Merdeka. Terdapat 17 anak tangga untuk memasuki bangian tersebut.


Adapun aktifitas kantor desa melayani surat menyurat dan kegiatan pemerintah desa lainnya. Karena keunikannya, bangunan tersebut menjadi lokasi wisata terutama saat hari minggu dan hari libur.

Banyak warga berdatangan untuk sekedar bersua foto atau untuk foto pernikahan. Bangunan didirikan tahun 2015 dengan biaya sekitar hampir Rp200 juta yang berasal dari alokasi dana desa dan swadaya masyarakat.

"Pemerintah desa dan warga antusias membangun gedung ini karena Desa Dadapan awalnya identik dengan desa pelosok yang tertinggal. Agar bisa muncul dan sejajar dengan desa lain pemerintah desa membangun bangunan tersebut. Bahkan, bangunan itu menjadi ikon Desa Dadapan," tutur Kepala Deza Dadapan Ismono.




Sumber : sindonews.com

No comments

Powered by Blogger.