Utusan Taiwan untuk AS melakukan isolasi sendiri setelah cluster virus korona di TECRO

11 karyawan kedutaan de facto Taiwan di AS dipastikan terinfeksi minggu ini

Perwakilan Taiwan untuk AS Hsiao Bi-khim  (foto CNA)

TAIPEI - Perwakilan AS Hsiao Bi-khim (蕭美琴) menjalani karantina rumah setelah sekelompok kasus virus korona dilaporkan di kedutaan Taiwan de facto di Washington, DC

Kementerian Luar Negeri (MOFA) mengatakan melalui pernyataan pada Kamis (26 November) bahwa sebanyak 11 karyawan di Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei (TECRO) telah terjangkit virus corona selama beberapa hari terakhir. Dua kasus dilaporkan pada Selasa, dan sembilan lainnya dikonfirmasi setelah kantor menguji kontak dari dua kasus pertama.

Hsiao dites negatif untuk virus tersebut, menurut Juru Bicara MOFA Joanne Ou (歐 江 安). Perwakilan itu dalam keadaan sehat tetapi mengisolasi diri setelah melakukan kontak dengan karyawan yang terinfeksi, tambah Ou.

Kementerian mengatakan Rabu (25 November) bahwa dua karyawan yang terinfeksi telah dikonfirmasi pada hari sebelumnya tidak memiliki kontak langsung dengan delegasi Taiwan yang dipimpin oleh Wakil Menteri Urusan Ekonomi Chen Chern-chyi (陳正祺). Chen dan seluruh delegasinya mengunjungi Washington minggu lalu untuk putaran baru pembicaraan ekonomi AS-Taiwan, dan mereka sekarang dikarantina di Taipei.

Menurut kementerian, TECRO telah menghentikan layanan konsuler secara langsung, dan meja konsuler akan tetap ditutup untuk umum. Kantor hanya menerima aplikasi mail-in.

Karyawan yang sakit telah diminta untuk mengisolasi diri dan bekerja dari jarak jauh, dan TECRO telah menyesuaikan operasinya untuk memastikan bisnis inti tidak terpengaruh, kata kementerian tersebut. Semua karyawan akan menjalani tes kedua, dengan gedung kantor akan didisinfeksi untuk kedua kalinya dalam beberapa hari mendatang.

Berkenaan dengan pesta dan acara lain yang baru-baru ini diselenggarakan oleh TECRO, Ou mengatakan sebagian besar kegiatan telah diadakan di luar ruangan dan jarak sosial diamati. Dia menambahkan bahwa kementerian telah mengatur pertemuan konsultasi online antara TECRO dan para ahli dari Pusat Komando Epidemi Pusat pada hari Jumat (27 November).

TECRO melaporkan satu kasus virus korona pada Oktober, dan meja konsulernya ditutup sementara. AS tetap menjadi episentrum virus corona, dengan rata-rata 100.000 orang Amerika terinfeksi setiap hari dalam dua minggu terakhir. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.