Viral Tupai Mabuk karena Buah, Hewan Lain Juga Mengalaminya


TIDAK hanya manusia, ternyata sejumlah hewan bisa merasakan pusing karena mabuk. Sebuah video viral yang diunggah melalui media sosial baru-baru ini memperlihatkan seekor tupai mabuk karena memakan buah pir yang difermentasi.

Rekaman itu menunjukkan tupai yang mabuk seakan-akan membutuhkan tidur namun tetap dalam kondisi terjaga. Kathleen Morlok menulis dalam YouTube, hal itu terjadi usai tupai memakan pir yang ditinggalkan oleh pemilik rumah. Diketahui bahwa tupai tersebut kembali datang keesokan harinya dalam kondisi baik.

"Dia datang ke pengumpan keesokan paginya dan baik-baik-saja," tulis Kathleen, seperti dikutip dari IFL Science, Rabu (25/11/2020).

Hewan lain juga bisa mengalami mabuk, seperti gajah Afrika yang telah lama diketahui mabuk karena buah yang difermentasi dari pohon marula.

Penelitian terbaru yang terbit di jurnal Biology Letters telah membuktikan bahwa butuh banyak buah yang difermentasi agar menimbulkan mabuk berat terhadap hewan.

"Perubahan evolusioner dari satu enzim alcohol dehidrogenase pada nenek moyang besar kera besar Afrika menghasilkan toleransi alkohol yang relatif tinggi," tulis penelitian tersebut.

Mereka menunjukkan perbandingan efek memabukkan yang dimiliki alkohol pada hewan berdasarkan beratnya.

Kurangnya mutasi A249 V yang mempercepat metabolism etanol pada kera besar. Berbeda dengan kera, pseudogenisasi ADH7 pada gajah Afrika dan Asia menunjukkan jumlah etanol tidak begitu memengaruhi gejala mabuknya.

Selain kera dan gajah, kelelawar hingga monyet juga dilaporkan dapat mengalami mabuk ketika menikmati beberapa buah yang difermentasi. Tidak hanya buah fermentasi, beberapa tanaman obat juga dapat menjadi penyebabnya.

Burung beo misalnya, telah mengganggu petani India dengan menyerang kebun opium mereka yang kemudian mabuk setelahnya. Hal serupa juga terjadi pada jaguar usai hewan itu mengonsumsi zat halusinogen yage (Banisteriopsis caapi).




Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.