200 iguana hijau ditangkap di barat daya Taiwan

Tim relawan berburu iguana dengan tas ketapel 200 di Kabupaten Chiayi

Iguana yang tertangkap. (Facebook, foto Yuan An-nan)

TAIPEI - Saat iguana hijau berkembang biak di Taiwan selatan, lebih dari 200 telah ditangkap di Kabupaten Chiayi selama sebulan terakhir.

Dengan spesies invasif berkembang biak dengan cepat di Kabupaten Chiayi, tim sukarelawan telah mulai berburu kadal arboreal dengan ketapel. Pada 13 Desember, salah satu pemburu, Yuan An-nan (袁 安 男), memposting gambar hasil tangkapan mereka di Facebook.

Dalam postingannya, Yuan menulis bahwa iguana terus meningkat jumlahnya meski kampanye berburu sedang berlangsung. Dalam grup Facebook嘉義 綠豆 大小 事, Yuan menulis bahwa selama sebulan terakhir ini dia telah membantu menangkap lebih dari 200 orang di sepanjang Sungai Bazhang, dengan beberapa pemburu menderita luka ringan dalam prosesnya.

Yuan memprediksi iguana akan terus meningkat jumlahnya tanpa henti dan segera menempati seluruh lembah Sungai Bazhang. Ia mengatakan bahwa bulan ini adalah waktu yang tepat untuk menangkap makhluk berdarah dingin karena saat ini sedang musim kawin.

Yuan mengatakan banyak iguana telah ditangkap di dekat Jembatan Yongqinyihao di Kotapraja Shuishang Chiayi. Karena dia terbiasa dengan daerah setempat, dia sering memandu pemburu saat mereka mengumpulkan kadal herbivora.

Pemburu mengatakan bahwa akhir-akhir ini, petani sayur sering melaporkan kerugian yang signifikan setelah iguana hijau memakan hasil bumi mereka. Setelah mendengar penampakan iguana, tim menyebar ke daerah tersebut dan menembak makhluk itu dengan ketapel yang diisi dengan bola baja, yang membuat kadal tidak sadarkan diri.

Dia mengatakan mereka kemudian mengikatnya dan mengirimnya ke lembaga pemerintah terkait atau mengambilnya kembali untuk diproses. Mengenai apakah beberapa orang memakan iguana, dia menulis: "Rasanya enak, tapi saya tidak menyarankan Anda memakannya."

Yuan mengatakan, secara umum iguana tidak menyerang jika tidak diprovokasi. Namun, jika orang yang tidak terlatih mencoba menangkapnya, ia akan mencambuk dan menggigit ekornya. Dia mengklaim bahwa cakar mereka "setajam cakar elang".

Yuan menyarankan siapa pun yang terluka oleh iguana untuk segera mendisinfeksi lukanya dan merawatnya dengan benar. Dia mengatakan seekor iguana hijau dewasa dapat bertelur 40 hingga 70 telur per tahun dan tanggul serta gulma di sepanjang Sungai Bazhang adalah tempat berkembang biak yang sempurna bagi makhluk itu, dengan penampakan di kota Shuishang, Zhongpu, dan Zhuqi. (SG)


Sumber : Taiwan News

No comments

Powered by Blogger.