4 Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias Buat Emak-Emak

Tanaman Janda Bolong (Foto: Okezone)

JAKARTA – Bisnis tanaman hias sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah pundi-pundi keuntungannya. Selain itu, bisnis ini juga telah memberikan warna baru pada peta bisnis di Indonesia.

Bisnis tanaman hias sangat mudah pelaksanaannya. Siapapun bisa menekuninya, termasuk ibu-ibu rumah tangga. Hanya dengan membeli puluhan anak tanaman hias, merawatnya dengan telaten, harganya bisa melonjak menjadi puluhan kali lipat.

Target pasarannya pun sangat luas karena mencangkup semua orang. Tidak terlepas dari teman, keluarga, tangga, atau orang yang belum pernah dikenal sekalipun. Kemudian, daya tarik bisnis ini ada pada prospek di masa depan dan keuntungan yang akan diraih.

Dikutip dari buku Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta oleh A. Primasetra, Jakarta, Senin (28/12/2020), terdapat 4 tips untuk ibu rumah tangga yang ingin berkecimpung di dunia bisnis tanaman hias.


1. Pilih Nama dan Siapkan Tempat Usaha

Untuk memulai bisnis tanaman hias, yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih nama tempat usaha. Pilihlah nama sesuai yang diinginkan. Hal ini akan memudahkan orang untuk mengingat nama tempat jual beli tanaman.

Kemudian, siapkanlah tempat usaha Anda dan dekorasikan seindah dan senyaman mungkin agar pengunjung merasa nyaman.


2. Kumpulkan Modal dan Operasional

Kumpulkan modal dan operasional dalam menjalankan bisnis ini. Tentukan berapa jumlah tanaman yang akan digunakan sebagai modal awal dan peralatan yang dibutuhkan, seperti polybag, pupuk, bibit tanaman, media tanam, dan sebagainya.

 

3. Ikuti Pameran Tanaman Hias

Rajin-rajinlah mengikuti pameran tanaman hias. Kiat jika ingin diketahui banyak orang, maka harus berani mengeluarkan uang. Belilah tanaman hias yang jarang terdapat di daerah sekitar dan pajang di depan stand untuk menarik pembeli.


4. Open House

Tahap selanjutnya adalah perkenalkan bisnis tanaman hias dengan open house. Mulailah dari tetangga yang paling dekat dan orang-orang di lingkungan tempat tinggal. Buatlah brosur dan penawaran ke sejumlah instansi pemerintah yang sering mengadakan acara dan membutuhkan dekorasi berupa tanaman hias. Jangan ragu pula untuk beriklan di media massa seperti surat kabar atau radio.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.