5 Negara Asia Kemasukan 'Mutan' Baru Corona


People walk the main shopping street in Cologne Germany, Wednesday, Dec. 16, 2020. Germany has entered a harder lockdown, closing shops and schools in an effort to bring down stubbornly high new cases of the coronavirus. (AP Photo/Martin Meissner)
Foto: AP/Martin Meissner

Negara dunia kini tengah heboh dengan kemunculan jenis corona baru, hasil mutasi, di Inggris. Bahkan sejumlah negara menutup perbatasannya untuk warga Inggris termasuk sejumlah negara lain yang mengonfirmasi kasus tersebut.

Hal ini bukan tanpa dasar. Meski tidak membuat penyakit lebih parah, jenis ini menyebar 70% lebih cepat. Bahkan anak-anak menjadi rentan.

Di Eropa, Jerman, Prancis, Belanda hingga Norwegia mengonfirmasi, strain baru yang disebut "B1.1.7" ini. Lalu bagaimana dengan negara Asia?

Berikut rangkuman CNBC Indonesia dari sejumlah sumber:

An employee wearing a face mask as a precaution against the coronavirus uses an umbrella to take shelter from the snow at the Gyeongbok Palace, one of South Korea's well-known landmarks, in Seoul, South Korea, Sunday, Dec. 13, 2020. (AP Photo/Lee Jin-man)
Foto: Seorang karyawan dengan mengenakan masker menggunakan payung untuk berlindung dari salju di Istana Gyeongbok, salah satu landmark terkenal Korea Selatan, di Seoul, Korea Selatan. (AP / Lee Jin-man)

Korea Selatan

Pada Senin (28/12/2020) otoritas kesehatan Korsel mengkonfirmasi kasus pertama Covid-19 varian baru yang lebih menular di Negeri Ginseng tersebut. Kasus tersebut muncul melalui sampel tiga orang anggota keluarga Korsel yang datang dari Inggris.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan tiga orang ini dipastikan mengidap jenis Covid-19 baru. Akibatnya pemerintah memutuskan untuk memperpanjang penangguhan penerbangan dari Inggris selama satu minggu.

Sebelumnya Korsel juga mengumumkan akan menangguhkan penerbangan yang datang dari Inggris hingga akhir tahun ini.

Yordania

Menteri kesehatan Yordania mengatakan pada 27 Desember bahwa negara tersebut mendeteksi dua kasus pertama. Jenis ini menginfeksi para pelancong yang baru saja tiba dari Inggris.

Jepang

Pada 25 Desember Jepang melaporkan lima kasus pertama dari varian yang menyebar cepat pada penumpang yang datang dari Inggris. Jepang saat ini menutup semua pintu untuk penerbangan asing.

Lebanon

Di Lebanon, Menteri Kesehatan Sementara Hamad Hassan mengatakan pada 25 Desember bahwa kasus varian baru terdeteksi pada penerbangan yang tiba dari London, 21 Desember lalu. Ia mendesak semua penumpang dalam penerbangan tersebut dan keluarga mereka untuk mengambil tindakan pencegahan.

Singapura

Singapura mengkonfirmasi pada 24 Desember. Di antara 31 pasien Covid-19 yang tiba antara 17 November dan 17 Desember, satu dipastikan membawa jenis B117.


Sumber : cnbcindonesia.com

No comments

Powered by Blogger.