5 Pantai di Jepara yang Pesonanya Gak Kalah dengan Bali

https: img.okezone.com content 2020 12 28 406 2334873 5-pantai-di-jepara-yang-pesonanya-gak-kalah-dengan-bali-lMy4DMPftl.JPG

LIBUR akhir tahun segera tiba. Banyak destinasi yang bisa Anda sambangi untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Bali kerap menjadi tujuan favorit pelancong untuk momen setahun sekali ini.

Namun, bagi Anda yang tidak atau gagal terbang ke Bali karena terganjal aturan perjalanan baru, tak perlu khawatir. Masih banyak wilayah lain, seperti Jepara yang mungkin saja bisa menjadi jawaban traveling Anda di penghujung tahun.

Jepara, siapa yang tak kenal dengan kota kelahiran dari pahlawan sekaligus tokoh emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini ini? Salah satu kota yang ada di Jawa Tengah ini memiliki panorama yang sangat indah. Tempat wisata di Jepara terbilang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga, hingga wisata religi.

Kota kecil yang dekat dengan garis pantai ini tentunya memiliki banyak pantai yang memukau dan tak kalah indah dari Bali. Sejak zaman dahulu, Jepara sudah menjadi salah satu daerah tersohor di Pulau Jawa.

Sebagai kota perdagangan utama, nama Jepara juga tertulis di buku sejarah Dinasti Tang dan buku Suma Oriental karangan penulis Portugis bernama Tomé Pires.

Banyaknya pantai yang ada di Jepara, membuat pengelola wisata berlomba-lomba menawarkan wisata yang apik dan sayang untuk dilewatkan. Kali ini, Okezone akan rangkumkan sederet pantai indah di Jepara ala-ala Bali yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Blebak

Pantai Blebak memiliki keindahan alam yang dihiasi dengan karang halus serta pasir yang putih kekuningan, di sekitar pantai juga terdapat tumbuhan bakau. Blebak adalah pantai yang tidak begitu luas dan cukup dangkal, sehingga Anda tak akan kerepotan saat membawa anak-anak untuk bermain di pantai. Dengan jarak 100 meter dari pantai, kedalaman airnya hanya mencapai pinggang orang dewasa.

Pantai Blebak

Anda akan disambut dengan hamparan sawah yang luas, perkebunan serta hutan kecil, dan deretan bukit juga pegunungan saat menuju ke pantai ini. Pantai Blebak menyediakan permainan sederhana seperti, bebek-bebekan (sepeda air) dengan tarif Rp10.000 dan flying fox. Di samping itu, Pantai Blebak juga tersedia cottage atau hotel yang dekat dengan pantainya sehingga Anda tak perlu khawatir mencari penginapan.

2. Pantai Teluk Awur

Anda yang ingin menikmati keindahan alam pantai secara gratis dapat mencoba untuk mengunjungi Pantai Teluk Awur yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Jepara. Di pantai ini, Anda bisa menikmati pantai dengan berenang atau hanya sekadar bermain air laut.

Pantai Teluk Awur

Banyak cottage, hotel, dan resort yang menawarkan pemandangan bagus lepas pantai layaknya di Bali. Diana's Bay dan Ocean View Residence yang berada di Pantai Teluk Awur menjadi destinasi yang baru bagi para wisatawan. Anda dapat merasakan sensasi liburan seperti di Bali lewat resort ini.

3. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan yang dikenal pula dengan nama Pantai Tirto Samudro. Lokasinya berada tak jauh dari pusat Kota Jepara yang kurang lebih berjarak 7 kilometer. Pantai ini senantiasa ramai pengunjung, terutama di akhir pekan. Pantai berpasir putih ini sangat nyaman untuk berlibur bersama dengan keluarga.

Pantai Bandengan

Anda bisa berkemah, bermain voli pantai ataupun bersepeda santai. Tempat wisata di Jepara ini juga pernah digunakan sebagai ajang permainan motor cross juga festival layang-layang baik skala nasional, regional, bahkan internasional.

4. Pantai Selayar

Tidak seperti pantai di Jepara pada umumnya, Pantai Selayar tidak memiliki pasir putih yang banyak di sepanjang bibir pantai namun ditumbuhi oleh rumput rumput yang hijau jadi hanya sebagian saja yang terdapat pasir putihnya.

Selain itu, Pantai Selayar terdapat banyak spot foto yang menarik seperti, jalan dermaga yang terbuat dari kayu membuat pemandangan pantai semakin eksotik, di sana juga terdapat kapal kapal yang berwarna-warni dan tersusun rapi, sangat cocok digunakan untuk berfoto untuk para instragramer.

Pantai Selayar

Tak kalah unik dari pantai lainnya, Pantai Selayar terdapat spot foto berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu dan ini cocok banget buat yang para pemburu siluet di sore hari atau foto dengan background laut.

Wisatawan akan disuguhi hamparan sawah yang luas saat menuju Pantai Selayar, Anda juga akan disambut dengan gapura yang bertuliskan Pantai Selayar, cocok untuk foto karena bentuknya yang unik terbuat dari bambu. Keunikan lain dari Pantai Selayar yaitu keadaan alam yang masih sejuk karena masih banyak tumbuhan dan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya sehingga menambah elok pantai ini.

5. Pantai Karimunjawa

Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut juga pemandangan alam sekitarnya yang menenangkan. Semakin seru karena di sini, Anda juga bisa menikmati beragam permainan air, seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, dan berjemur.

Mirip seperti Bali, Karimunjawa juga merupakan wilayah kepulauan. Keindahan bagian utara Jepara ini sudah tidak diragukan lagi. Lingkungan uang masih alami membuat wisatawan betah untuk berlama-lama mengunjunginya. Di pantai ini Anda dapat menyusuri indahnya pasir putih dengan pemandangan laut biru yang begitu eksotis.

Pantai Karimunjawa

Anda juga dapat menaiki kapal yang disewakan serta melakukan trekking di hutan mangrove. Ada 27 pulau yang dapat anda sambangi dengan menyewa perahu motor mulai dari Rp.400-600 ribu. Perahu ini dapat menampung maksimal 20 orang, cocok untuk Anda yang sedang berlibur bersama keluarga.

Tidak hanya memandangi keindahan laut lewat bibir pantai, Anda juga dapat menikmati sensasi menyelam dan melihat keindahan bahari yang ditawarkan Laut Karimunjawa. Terdapat juga berbagai pilihan penginapan bagi Anda yang masih ingin berlama-lama menghabiskan liburan di tempat ini.

Sumber : okezone

No comments

Powered by Blogger.