5 Tips Cari Penghasilan Tambahan ala Mahasiswa


Ilustrasi wanita/pertemanan/sahabat.
Ilustrasi wanita/pertemanan/sahabat.

VIVA – Semakin banyak kebutuhan mahasiswa di zaman yang menuntut kita untuk bisa beradaptasi dengan segala situasi ini. Tentu saja, beberapa dari kebutuhan itu harganya tidak murah dan membutuhkan biaya tambahan.

Nah, daripada menyisihkan uang jajan untuk bisa membelinya, ada cara lain yang jauh lebih baik, yakni mencari penghasilan tambahan dengan cara kerja sampingan. Dengan begitu, Kamu juga bisa belajar mandiri dan mempersiapkan diri agar lebih matang saat masuk ke dunia kerja nanti.

Ada begitu banyak peluang usaha yang bisa kamu jalani seorang mahasiswa. Bahkan ada yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah atau kamar kosan. Berikut ini adalah lima profesi sampingan yang cocok untuk mahasiswa, dikutip dari rilis Eraspace App, Minggu, 20 Desember 2020.

1. Freelance content writer

Banyak perusahaan yang mempunyai program marketing sambil mengedukasi pasar lewat konten. Salah satu bentuknya adalah tulisan di website atau media sosial. Nah, enggak perlu keluar kosan asal ada laptop dan internet, Kamu bisa cari penghasilan tambahan dengan menjadi freelance content writer.

Biar kerjaan dan tugas lancar, ada baiknya Kamu investasi ke laptop yang bagus dengan perlindungan keamanan supaya pekerjaan enggak gampang terserang virus atau digunakan sembarang orang. Kalau suka jalan-jalan, Kamu juga bisa jadi freelance journalist.

2. Freelance photographer

Masih berkaitan dengan konten. Kalau passion-mu ada di dunia foto dan video, coba deh jadi freelance photographer aja. Akan lebih baik kalau Kamu sudah punya modal kamera dan laptop.

Kamu juga bisa ajak teman-teman yang punya passion sama. Ambil proyek yang sederhana dulu, seperti foto wisuda atau prewedding. Bukan enggak mungkin nantinya Kamu bisa bikin studio atau production house sendiri.

3. Bisnis event organizer

Kalau suka bergaul dan ketemu orang baru, bisnis EO (Event Organizer) akan jadi pengalaman menyenangkan. Kamu bisa ikut senior yang punya passion di bidang event buat memperhatikan dan belajar tentang apa-apa saja yang biasa mereka dilakukan.

Nantinya Kamu bisa handle event-event kecil seperti Sweet 17th atau mungkin wedding organizer juga. Kamu bisa belajar berelasi dengan klien atau pihak eksternal yang nantinya akan ada di pusaran bisnis yang Kamu geluti.

4. Online shopping

Semenjak internet semakin masif, siapa pun bisa menjual produknya lewat daring. Kalau Kamu sudah tahu mau jualan apa, Kamu perlu menguasai fotografi produk supaya barang daganganmu semakin menjanjikan.

5. Mengajar les online

Potensimu di bidang akademik? Setelah dapat ilmu di kampus, Kamu bisa semakin mengasahnya dengan menjadi guru les privat. Kamu semakin paham akan ilmu dan pengetahuan, ditambah lagi dapat penghasilan.

Hobimu juga bisa jadi sumber penghasilan. Kalau Kamu suka musik dan mahir bermain alat musik, Kamu juga bisa jadi guru les musik.


Nah, kelima itu adalah beberapa pilihan profesi sampingan yang bisa Kamu geluti saat duduk di bangku mahasiswa. Tapi, yang tak kalah penting untuk Kamu catat, enggak semua melulu tentang uang. Pengalaman juga penting untuk menambah skill Kamu menuju dunia kerja.

Sebagai informasi, Eraspace merupakan aplikasi penjualan barang-barang gadget dan berbagai kebutuhan gaya hidup lainnya, seperti IoT, smartwatch, skincare dan masih banyak lagi. Tak hanya bisa dikirim melalui kurir, barang belanjaan juga bisa Kamu ambil langsung di toko terdekat dengan layanan ClickNPickup.


Sumber :  viva.co.id

No comments

Powered by Blogger.