5 Tips Mengatur Keuangan bagi Wanita

Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

Wanita terkadang lebih dirugikan daripada pria dalam hal keuangan. Wanita tidak hanya berpenghasilan lebih rendah, mereka juga menabung lebih sedikit. Biaya perawatan perempuan juga lebih banyak daripada pria.

Hal ini dapat menyebabkan beban hutang atau simpanan pensiun yang sedikit. Melansir dari thebalance.com, Senin (21/12/2020). Berikut bagaimana tips untuk perempuan dapat menghemat lebih:

1. Pelajari Keuangan demi Masa Depan

Sebelum menyelami strategi untuk membangun pondasi keuangan, pelajari tentang pengelolaan uang dan investasi. Rata-rata wanita tidak biasa membuat keputusan untuk investasi di masa pensiun.

Jika tidak biasa melakukannya, didik diri Anda dengan membaca buku dan artikel. Hubungi lembaga keuangan untuk bergabung bersama menabung demi masa depan.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Ketika menetapkan setiap keuangan, tentukan target yang diinginkan. Ini dapat menyempurnakan langkah-langkah untuk mewujudkan tujuan.

Setiap membuat target tetapkan yang realistis agar bisa konsisten. Penting untuk memiliki tujuan jangka pendek dan panjang. Tujuan jangka pendek seperti menabung untuk membeli perabotan baru atau liburan di akhir pekan. Tujuan jangka panjang untuk biaya kuliah anak, atau buka usaha dan pensiun.

3. Buat Anggaran

Langkah pertama adalah mengumpulkan semua tagihan dan membayar potongan, lalu tuliskan pendapatan bulanan dan pengeluaran. Buat anggaran menjadi "kebutuhan" dan "keinginan" seperti layanan streaming atau makan di luar.

Pikirkan rencana pengeluaran yang mungkin dapat dibatasi. Melakukannya dapat membantu memastikan untuk memprioritaskan pengeluaran bulanan.

4. Buat Dana Darurat

Sebuah dana darurat dari rencana keuangan dapat membantu Anda yang merasa susah untuk menabung. Setiap kali mendapat gaji, jadikanlah prioritas untuk menabung dana darurat.

Dana darurat bisa digunakan ketika terjadi kecelakaan, baik itu kecelakaan fisik ataupun financial. Seperti kecelakaan ketika bisnis mengalami kerugian. Atau kecelakaan karena sakit.

5. Belajar dari Kesalahan

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik. Alih-alih malu dengan kesalahan, belajarlah dari mereka. Setiap orang bisa membuat kesalahan.

Tidak apa jika terjadi kesalahan langkah, selanjutnya perhatikan bagaimana agar tidak terulang. Sangat penting untuk peka terhadap pergerakan yang berpeluang rugi. Harus dihindari agar memberi diri Anda peluang terbaik untuk sukses finansial jangka panjang.



Sumber : okezone.com

No comments

Powered by Blogger.