5 Trik Rahasia WhatsApp Ini Patut Kamu Coba

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Siapa sih yang tidak menggunakan WhatsApp di smartphone mereka? Sebagian besar dari kamu pasti sudah menginstal aplikasi milik Facebook tersebut di ponsel sejak lama.

Menawarkan layanan gratis, chat lintas platform, dukung jenis file, pesan suara, panggilan video dan suara gratis, WhatsApp memiliki fitur yang cukup lengkap.

Dengan beragam fitur yang dihadirkan Facebook ke dalam WhatsApp, wajar bila tidak semua pengguna memiliki waktu untuk mengeksplor semua fitur di dalam aplikasi tersebut.

Nah, berikut ini adalah lima tips dan trik WhatsApp yang saat ini masih jarang dipakai pengguna sebagaimana dikutip dari Mashable, Selasa (22/12/2020).

1. Hapus Pesan Otomatis

Tips WhatsApp agar pesan otomatis dihapus. (Liputan6.com/ Yuslianson)

WhatsApp baru-baru ini menambahkan sebuah fitur dimana pesan yang dikirim akan otomatis hilang setelah 7 hari.

Perlu diingat, bukan berarti seseorang belum men-screeshoot atau membagikan pesan tersebut dalam rentang waktu.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka chat WhatsApp yang ingin diubah pengaturannya, dan tap nama orang atau grup yang sedang kirim pesan.

Jika sudah masuk, scroll ke bawah hingga kamu menemukan opsi Disappearing messages atau Pesan Sementara, dan klik tombol untuk mengaktifkan atau mematikan fitur ini.

Informasi penting, fitur ini hanya akan muncul bilamana kamu memiliki akses admin di grup chat WhatsApp.

2. Teks Tebal, Miring, dan Coret di Chat WhatsApp

Tips WhatsApp agar format teks di chat tampak lebih tebal atau bold. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kamu dapat memperkaya teks saat chatting di WhatsApp dengan cara membuat teks dalam format tebal, miring atau coret.

Untuk membuat teks di chat tampak lebih tebal, kamu bisa tambahkan tanda bintag (*) di antara teks yang ingin dikirim. Contohnya, *Tekno Liputan6.com* akan membuat tampilan teks seperti ini Tekno Liputan6.com.

Kemudian untuk membuat teks miring di WhatsApp, kamu hanya perlu mengetik garis bawah atau underscore (_) di antara teks. Contohnya, _Tekno Liputan6.com_ akan menjadi Tekno Liputan6.com.

Lalu bagaimana cara membuat teks coret? Seperti kedua cara di atas, kamu hanya perlu menambahkan tanda (~) di depan dan belakang kata atau kalimat.

3. Font Rahasia

Tips WhatsApp untuk mengubah format teks mirip mesin tik saat chatting. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Selain ketiga format teks chat WhatsApp di atas, ternyata perusahaan juga menambahkan format baru ke dalam aplikasi.

Terkini, kamu bisa merubah teks saat chatting menjadi font yang biasa digunakan di mesin tik.

Untuk mengubah font pesan di WhatsApp, kamu hanya perlu menggunakan simbol "`" tiga buah di kedua sis kata. Misalnya, ```Tekno Liputan6.com```. Fitur ini bisa kamu bisa pakai di perangkat iOS dan Android.

4. Pin Chatting Penting

Dengan cara ini, chat penting yang ada di aplikasi pasti akan selalu muncul di atas pesan lain begitu kamu membuka WhatsApp.

Yang perlu kamu lakukan adalah dengan tekan pesan pribadi atau grup yang diinginkan agak lama, nanti akan muncul ikon pin di tab atas.

Bagi pengguna iPhone, kamu cukup swipe chat yang diinginkan ke kanan dan pilih opsi pin.

5. Ganti Wallpaper Chat

Bosan dengan tampilan wallpaper yang itu-itu saja? WhatsApp memungkinkan kamu merubah wallpaper saat chatting.

Caranya, bukan WhatsApp dan klik tiga titik di atas untuk memunculkan menu Setting atau Setelan. Setelah itu, klik menu chat untuk masuk ke pengaturan wallpaper.

Nantinya, kamu dapat memilih gambar apa yang ingin dijadikan wallpaper dengan mencarinya di galeri, pakai warna solid, atau wallpaper yang sudah WhatsApp sediakan.


Sumber : liputan6.com

No comments

Powered by Blogger.