6 Tips Merawat Rambut Rontok, Salah Satunya Berhenti Merokok

Merawat rambut (Foto: The Ayuverda)


Bagi sebagian wanita, memiliki rambut rontok adalah suatu masalah. Akibatnya, tak jarang dari mereka mengurangi jumlah keramas.

Namun, hasil dari upaya ini seringkali tidak terlalu berpengaruh dan jarang menuntaskan sampai ke akar masalah.

Untuk memulihkannya, Anda bisa membeli produk yang diklaim dapat memulihkan rambut, atau mengonsumsi vitamin dan suplemen lain yang dijual khusus untuk pertumbuhan rambut.

Anda juga bisa mengikuti tips merawat rambut rontok yang direkomendasikan dari para ahli, seperti dilansir dari American Academy of Dermatology Association berikut ini.



1. Mencuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut

Dokter kulit merekomendasikan kepada pasien mereka yang mengalami kerontokan untuk menggunakan sampo yang lembut. Karena ada beberapa sampo dapat menghilangkan kelembapan dari rambut Anda, sehingga rambut Anda mudah rusak. Juga, hindari mencuci rambut dengan air panas karena akan melemahkan rambut.

2. Gunakan kondisioner

Kondisioner dapat melapisi untaian rambut Anda, mengurangi kerusakan dan ujung bercabang. Manfaatkan kondisioner atau detangler tanpa bilas. Terapkan setiap kali setelah Anda mencuci dan mengondisikan rambut Anda, untuk membantu mengurangi kerusakan rambut, ujung bercabang, dan kusut.

3. Batasi penataan rambut

Penggunaan alat pengeriting rambut, setrika datar, dan sisir panas yang terlalu sering akan melemahkan kekuatan rambut. Gunakan dengan setelan panas terendah dan hanya pada acara khusus, seperti pernikahan atau wawancara kerja. Jika memungkinkan, biarkan rambut Anda mengering secara alami daripada menggunakan pengering rambut. Atau Anda bisa membungkus rambut dengan handuk mikrofiber untuk mengeringkan rambut.


4. Berhenti memilin rambut dengan jari

Menarik rambut Anda saat menyikat atau menyisirnya dapat menyebabkan rambut rontok. Cukup sikat atau sisir rambut Anda dengan lembut.

5. Berhenti merokok

Merokok menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, yang dapat memperburuk kerontokan rambut.

6. Konsumsi makanan yang sehat

Sebelum mengonsumsi suplemen untuk menumbuhkan rambut Anda, cari tahu apakah Anda mendapatkan cukup vitamin atau mineral tertentu. Konsumsi makanan yang cukup nutrisi seperti zat besi, protein, dan mengandung kalori yang cukup untuk mencegah rambut rontok.


Sumber :okezone.com

No comments

Powered by Blogger.