Atasi Kemacetan, Menhub Ingin Hotel di Puncak Punya Armada Bus Sendiri

Kemacetan di Puncak. ©2015 Merdeka.com/Ilham Kusmayadi

Kawasan Puncak, Jawa Barat menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak diminati saat musim libur tiba. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, hal ini antara lain ditunjang pesatnya pembangunan di kawasan tersebut.

Budi mengatakan, meningkatnya jumlah pengunjung ini menjadi beban tersendiri bagi kawasan Puncak, utamanya dari sisi transportasi.

"Pembangunan yang dilakukan oleh berbagai pihak membuat daya tarik dan demanda ini bertambah banyak dan tentu dampaknya sering terjadi suatu kemacetan yang kronis di setiap akir pekan, libur panjang," kata Budi dalam Webinar - Puncak, Mengapa Diminati Meski Macet Menanti, Selasa (29/12).

Atas persoalan ini, dia ingin agar ada solusi jangka panjang untuk mengatasi persoalan kemacetan di kawasan Puncak. Sebab, yang selama ini dilakukan oleh Kementerian Perhubungan bersama dengan pemangku kepentingan terkait hanya melakukan solusi jangka pendek.

"Kita inginkan ada suatu narasi yang lebih komprehensif, yang satu sisi tetap beri layanan pada masyarakat, tetapi kita beri solusi pada masyarakat," imbuhnya.

Sebagai contoh, adanya subsidi bus. Bahkan, hotel-hotel juga disarankan untuk bisa menyediakan bus sebagai akomodasi utama. Sehingga pengunjung tidak perlu membawa kendaraan pribadi menuju PUncak.

"Kita sarankan hotel-hotel itu juga memiliki bus agar pengunjung tidak gunakan mobil. Bahkan kita berpikir bahwa bila mungkin kita ORT, Otonomus Rapid Transit, satu kereta dengan menggunakan ban, bukan metal, sehingga kapasitasnya besar," lanjut Budi.

Sumber :merdeka.com

No comments

Powered by Blogger.